Sebanyak 60 atlet biliar Sumatera Barat mengikuti 9-Ball Home Tournament yang diselenggarakan Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Kabupaten Limapuluh Kota bekerja sama dengan Kodim 0306/50 Kota di Happy Family Biliard, Payakumbuh pada 29 Februari sampai 1 Maret 2020.

Perwakilan Dandim 0306/50 Kota Mayor Inf Hasbullah P di Payakumbuh, Sabtu, menyebutkan even yang diselenggarakan ini merupakan bentuk komunikasi sosial dalam rangka membangun SDM kreatif, inovatif, dan adaptif untuk mencari bibit atlet biliar yang nanti bisa bertanding di Porprov maupun PON.

"Di sini kita bisa menilai atlet mana yang siap bertanding di gelanggang yang lebih besar," katanya di sela membuka kegiatan tersebut.

Baca juga: Pebiliar Bali Gagal Raih Medali
Baca juga: Mempertahankan Emas Biliar Lebih Sulit

Ia mengatakan pihaknya cukup serius dalam pengembangan karier atlet biliar di Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota).

"Nantinya, untuk atlet akan kita fasilitasi sarananya dengan diperbolehkan latihan di sini bila akan mengikuti kejuaraan," ujarnya.

Melalui turnamen kali ini, Kodim 0306/50 Kota ingin merubah stigma negatif di tengah masyarakat yang selama ini selalu mengidentikkan olahraga biliar dengan perjudian.

"Masih banyak masyarakat yang menilai olahraga biliar dekat dengan judi, padahal sebenarnya tidak. Biliar adalah olahraga yang memacu kemampuan otak dan ketepatan konsentrasi fisik," kata dia.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) POBSI Kabupaten Limapuluh Kota Elvia Daimar mengatakan turnamen kali ini memperebutkan hadiah sebesar Rp17,4 juta.

Turnamen ini, kata dia, akan dimaksimalkan untuk memantau perkembangan atlet biliar asal Limapuluh Kota yang berada di bawah binaan POBSI.

"Pada Porprov 2018, kita menurunkan lima atlet binaan POBSI Limapuluh Kota. Hasilnya, kami baru bisa meraih medali perunggu. Pada even kali ini kami menyertakan seluruh atlet binaan, jumlahnya lebih dari 10 atlet," ujarnya.

Ia mengatakan salah satu alasan atlet biliar asal Kabupaten Limapuluh Kota masih cukup sulit bersaing untuk meraih medali emas pada ajang Porprov adalah minimnya kompetisi yang bisa mereka ikuti, serta masih minimnya sarana dan prasarana untuk latihan.

"Mudah-mudahan dengan adanya turnamen ini dan fasilitas latihan dari Kodim 0306/50 Kota, prestasi atlet biliar Kabupaten Limapuluh Kota bisa lebih baik pada Porprov nanti," ucapnya.

Pewarta: Miko Elfisha

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020