Denpasar (Antara Bali) - PT  Pengembangan Pariwisata Bali Persero atau Bali Tourism Development Corporation (BTDC) untuk pertama kalinya meraih Anugerah Cinta Karya Bangsa 2011 untuk kategori BUMN.

"Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada Direktur Utama BTDC IB Wirajaya di Istana Negara pada Kamis (5/1)," kata Kepala Divisi Umum BTDC Ida Bagus Abdhi melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Denpasar, Senin.

Dia menjelaskan, Anugerah Cinta Karya Bangsa adalah penghargaan yang diberikan kepada instansi pemerintahan dan BUMN/BUMD yang secara terus menerus melakukan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dalam pengadaan barang ataupun jasa, sehingga mendorong pengusaha meningkatkan produksinya dan percepatan pengembangan pasar dalam negeri maupun ekspor.

Penghargaan tersebut, tambah Abdhi, diberikan pemerintah sebagai amanat Inpres No. 2 tahun 2009 tentang peningkatan penggunaan produk dalam negeri dalam pengadaan barang atau jasa pemerintah sebagai salah satu upaya peningkatan daya saing produk industri nasional.

Untuk itu pemerintah sebagai garda terdepan peningkatan kesejahteraan masyarakat wajib mengimplementasikan P3DN terutama dalam pengadaan barang dan jasanya.

"Dalam pengelolaan kawasan pariwisata Nusa Dua, BTDC berkomitmen untuk mengarahkan seluruh investor yang akan membangun hotel dan fasilitas pariwisata di wilayah ini menggunakan bahan lokal. Pengawasan dilakukan oleh tim desain," ujarnya.

Menurut dia, BTDC menerima Anugerah Cinta Karya Bangsa berdasarkan beberapa aspek, di mana sejak awal penyewaan lahan kepada pemilik modal, pihaknya sudah mengisyaratkan agar memanfaatkan bahan-bahan lokal dengan desain bangunan bergaya arsitektur Bali.

Hal itu membawa dampak yang sangat luas baik dari aspek ekonomi, penyerapan tenaga kerja, sosial budaya dan konservasi desain lokal.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012