Kepala Pelaksana BPBD Kota Denpasar Ida Bagus Joni Arimbawa mengatakan saat ini belum ada warga yang perlu dievakuasi dari genangan banjir yang terjadi di beberapa lokasi dan ruas jalan di kota itu.

"Terkait banjir sudah ditangani oleh rekan-rekan dari Dinas Pekerjaan Umum, karena ada saluran yang tersumbat, tapi memang belum ada warga yang perlu kami bantu dari BPBD untuk dievakuasi," katanya di Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan bahwa banjir ini sering terjadi ketika hujan deras melanda Kota Denpasar, namun, menurutnya, penyebab dari banjir tersebut karena adanya saluran tersumbat di beberapa ruas jalan.

Salah satunya ruas jalan sepanjang Jalan Kepundung, Jalan Melati menuju Jalan PB Sudirman Denpasar, dan Jalan Letda Winda serta Jalan Kapten Agung dalam kondisi banjir hingga semata kaki.

Baca juga: DLHK dan DPUPR Denpasar buat penataan antisipasi musim hujan

Berdasarkan data yang dijelaskan oleh Iman Faturahman dari Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, bahwa diprediksi terjadi hujan ringan hingga sedang di seluruh wilayah Provinsi Bali.

Untuk gelombang tinggi mencapai dua meter lebih di sekitar Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan dan Samudera Hindia selatan Bali-Nusa Tenggara Barat.

"Jadi dari data selain Denpasar, seperti Kabupaten Badung diprediksi hujan sedang untuk wilayah Petang dan Mengwi, begitu juga beberapa kabupaten lainnya, seperti Bangli, Buleleng, Karangasem, Tabanan, Klungkung, Gianyar," ujar Iman Faturahman.

Pihaknya menuturkan bahwa akan terus membagikan informasi terkini terkait prakiraan cuaca yang terjadi di wilayah Bali, begitu juga kondisi dari gelombang laut.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020