Kampus Alfa Prima mengusung tema "Patra Agung" dalam Wisuda XV Tahun 2019 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, yang dihadiri wisudawan dan undangan lebih dari 2.000 orang.

"Untuk wisuda kali ini, kami memang mengusung konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mulai dari dekorasi panggung sampai susunan acara yang disusun secara detail agar mendukung tema Patra Agung," kata Direktur Alfa Prima I Made Artana MM disela-sela acara wisuda tersebut, di Nusa Dua, Badung, Sabtu.

Wisuda yang berlangsung di kawasan wisata elit tersebut diikuti sebanyak 456 wisudawan Program Diploma 1 dan Diploma 2, dari 3 cabang kampus, Denpasar, Karangasem, dan Buleleng.

Mereka itu terbagi dalam 5 Program Studi yakni  Prodi Manajemen Administrasi Rumah Sakit, Manajemen Administrasi Bisnis, Komputer Akutansi dan Perpajakan, Manajemen Informatika dan Komputer, serta Desain Grafis dan Animasi. 

"Sebagian besar lulusan kami sudah bekerja, yang dilengkapi dengan sertifikasi. Hal ini merupakan ciri khas Kampus Alfa Prima dibandingkan dengan kampus lainnya," ujar pimpinan kampus diploma terbaik di Bali itu.

Sementara itu, Ketua Panitia serta pencetus konsep Patra Agung, Gede Dyana Dharma Putra, menambahkan,  Wisuda Alfa Prima tahun ini sekaligus dirangkaikan dengan acara penyerahan SK Kepengurusan Ikatan Alumni Alfa Prima periode 2019-2022.

Melalui organisasi ikatan alumni ini dapat menjadi wadah bagi para alumni untuk berkumpul dan bertukar informasi demi kemajuan Alfa Prima di masa mendatang.

"Alfa Prima sebagai lembaga pendidikan yang telah menginjak usia 15 tahun wajib dan harus selalu memiliki terobosan-terobosan baru agar sesuai dengan perkembangan zaman," ucapnya.

Sesuai dengan tema wisuda tahun ini "Patra Agung" yang memiliki makna wujud atau bentuk dari sebuah perjalanan panjang yang membentuk dan mengukir nama Alfa Prima menjadi besar dan dikenal oleh masyarakat Bali seperti saat ini. 

"Dengan tema ini, kami harapkan para wisudawan atau alumni Alfa Prima mampu menjaga dan bangga akan nama besar almamaternya agar senantiasa menjadi lebih baik," ujarnya.

Gede Dyana menambahkan, slogan "Berani Sukses" juga agar dapat menjadi layaknya alat pemahat untuk membentuk dan mengukir jejak prestasi baik besar atau pun kecil itu akan berdampak pada kehidupan dan masa depan.

"Kampus Alfa Prima akan senantiasa menjadi kayu atau batu terbaik untuk diukir oleh mahasiswa dan alumninya dengan berbagai prestasi. Tak hanya itu, ukiran tersebut juga kelak akan menjadi kenangan terindah dari setiap mahasiswa untuk almamater tercintanya ini," katanya.

Baca juga: Kemenpar : Peluang kerja tamatan pariwisata terus naik

Pada kesempatan itu,  kampus memberikan apresiasi bagi mahasiswa dan para pendidik yang telah menyumbangkan begitu banyak prestasi membanggakan bagi Kampus Alfa Prima. 

Pada tahun 2019 ini, mahasiswa berprestasi sebagai peraih nilai IPK tertinggi adalah I Gede Pageh Widiastra Program 2 Tahun Jurusan Manajemen Informatika dan Komputer Alfa Prima Denpasar, Armoni Jiwanti Program 1 Tahun Jurusan Manajemen Administrasi Bisnis Alfa Prima Denpasar, Putu Agus Suastika Program 1 Tahun Jurusan Manajemen Administrasi Bisnis Alfa Prima Singaraja serta Ni Kadek Sri Widiantari Kari Program 1 Tahun Jurusan Komputer Akuntansi dan Perpajakan Alfa Prima Karangasem.

Sedangkan untuk mahasiswa peraih nilai Transkrip Aktivitas Kesiswaan (TAK) yaitu I Gede Pageh Widiastra dari Alfa Prima Denpasar, Armoni Jiwanti dari Alfa Prima Denpasar, Ni Kadek Sri Kusuma Dewi dari Alfa Prima Singaraja dan Ni Kadek Sri Widiantari Kari dari Alfa Prima Karangasem.

Selain prestasi tersebut, mahasiswa Kampus Alfa Prima juga telah mengukir prestasi luar kampus yaitu sebagai Juara 2 dan 3 dalam kegiatan Politeknik Negeri Bali Web Design Competition yang diraih oleh I Gede Pageh Widiastra dan Ni Luh Putu Melya Wati.

Ada pula Putu Ayu Aristiani yang meraih Juara 3 dalam Lomba Teknologi Informasi Nangun Sat Kerthi Loka Bali kategori Vlog dan Ayu Dwi Sri Mahadewi meraih Juara 2 dalam Pertandingan Pencak Silat Kategori Tanding Kelas A Putri Yogyakarta Championship V Tahun 2019.

Tak mau kalah dengan mahasiswanya, para staff dan instruktur Kampus Alfa Prima juga telah menorehkan berbagai prestasi seperti pada Lomba Pengelola Kursus dan Pelatihan (LKP) dalam rangka Gebyar PNF Kabupaten Buleleng Tahun 2018 meraih juara 2 dan di tahun 2019 meraih Juara 1 yang diwakili oleh Ni Kadek Putri Ariani, S.Pd. 

Tak ketinggalan salah satu instruktur Akuntansi Ni Kadek Desi Dwiyantari, SE yang berhasil meraih Juara 1 Instruktur Teknisi  Akuntansi dalam rangka Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi Tingkat Provinsi Bali. Terakhir ada Agus Ngurah Arya Putraka, SSn, MSn meraih Juara 2 Instruktur Desain Grafis dalam rangka Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi Tingkat Kota Denpasar.

Sedangkan mahasiswa I Gede Pageh Widiastra mengakui penghargaan yang diperoleh atas kesungguhannya menempuh pendidikan di Kampus Alfa Prima.  Selain aktif bidang akademik, pihaknya juga selalu mengikuti kegiatan UKM dan organisasi luar kampus. Upaya itu dalam melatih dirinya bidang sotfskill sehingga lebih siap dalam dunia kerja. 

Acara Wisuda XV juga diisi dengan prosesi penandatanganan kerjasama antara Kampus Alfa Prima dengan beberapa perusahaan yang ada di Bali yakni yaitu CV. Ahimsa Solusindo, PT. Arlon International, Ganeshcom Studio, PT. Global Retaillindo Pratama, PT. BPR Kusemas Dana Mandiri, PT. Bank Mandiri Taspen, Monez Illustrasi, Perbarindo (VVIP),  PHRI Prov. Bali (VVIP),  KSN  Toko Hero, UC Silver, Vivo, Waja Motor, Zia Hotel dan berbagai perusahaan besar lainnya.

"Kampus Alfa Prima selalu aktif mengadakan perluasan kerja sama dengan berbagai perusahaan khususnya di Bali, oleh karena itu tahun ini Alfa Prima berhasil mengantarkan lulusannya Bekerja Sebelum Wisuda (BSW) sebesar 60 persen," kata  Ni Made Yulia Tarina selaku Kepala Bagian Pusat Karier dan Kerjasama Kampus Alfa Prima.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019