Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, mengunjungi rumah I Wayan Sentana (50), warga yang mengalami gangguan jiwa di Dusun Sangging Yang Api, Desa Akah, Kecamatan Klungkung, Kamis.


Didampingi Camat Klungkung, I Komang Gde Wisnuadi, dan Perbekel Desa Akah, Nyoman Sujati, Wabup memberikan bantuan untuk rumah I Wayan Sentana (50) yang merupakan anak laki-laki dari empat bersaudara yang hidup bersama ibunya di sebuah gubuk yang sudah tidak layak huni.

Sentana mengalami gangguan jiwa sejak remaja, karena ia mengalami kebingungan hingga kabur dari rumah. Setiap ada petugas yang mendata dirinya selalu mengaburkan diri. Sempat diobati sampai sekarang masih perawatan dengan obat jalan
, namun dua tahun belakangan ini kambuh lagi.

Melihat kondisi dan keadaan rumahnya itu, maka bantuan pun terus bergulir dari donatur, bahkan hingga kini sudah terkumpul bantuan yang dapat dibuatkan jambang yang dikerjakan oleh Kodim 1610 Klungkung.  

Wabup Kasta menyampaikan pemerintah terus akan mengupayakan bantuan, untuk selanjutkan akan dibantu bedah rumah. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada donatur yang sudah membantu.

Kedepanya, Wabup Kasta menugaskan kepada Desa dan Kepala Dusun agar melakukan pendataan rumah warga yang memang betul-betul kurang mampu. "Jangan sampai masyrakat kita yang kurang mampu tidak mendapatkan bantuan," katanya.

Pejabat Asal Desa Akah itu menambahkan semua data yang masuk jangan sampai tidak valid. "Bantuan rehab dan bedah rumah sudah harus kita tuntaskan pada tahun 2020," ujarnya.

Baca juga: PMI Klungkung bantu sembako lansia dan KK kurang mampu

Selain itu, Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, juga mewakili Bupati Klungkung menghadiri penyerahan sembako kepada lansia dan disabilitas di sembilan Kabupaten/Kota yang dipusatkan di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Semarapura (21/11) .

Acara itu dihadiri Ketua Forum Komunikasi Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Forkomwil Puspa) Provinsi Bali, Tjok Putri Hariyani Ardhana Sukawati, Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta bersama Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Sri Kasta.

Dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, Bupati Klungkung menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Bali sebagai wujud tali kasih dan peduli kepada para lansia dan disabilitas, khususnya di Kabupaten Klungkung.

Wabup Kasta berharap bantuan ini bisa meringankan beban kebutuhan pokok para lansia dan penyadang disabilitas sehingga bermanfaat dan tepat sasaran. "Bantuan-bantuan yang diberikan merupakan bentuk perhatian dari pemerintah dengan menyasar lansia dan disabilitas" ujar Wabup Kasta.


Baca juga: Bupati Klungkung kunjungi pasien gizi buruk


 

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019