Desa Penglumbaran, Kecamatan Susut Bangli dan Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku Bangli,  sebagai duta PKK Kabupaten Bangli, dinilai oleh Tim Penilai PKK Provinsi Bali.

Kedatangan tim penilai yang dipimpin Putri Suastini Koster, Jumat, disambut langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dan Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Sariasih Sedana Arta, demikian siaran pers Diskominfo Bangli.

Acara yang dipusatkan di Kantor Desa Penglumbaran, juga dihadiri oleh pimpinan OPD terkait, Kepala Desa Penglumbaran Wayan Artawan, Ketua TP PKK Desa Penglumbaran Suartini Artawan dan PKK Desa Penglumbaran dan Desa Peninjoan.

Ketua tim penilai PKK tingkat propinsi Putri Suastini Koster mengatakan semangat dari penilaian ini adalah pembinaan, sehingga ia berharap saat mengikuti perlombaan tidak boleh ada rekayasa atau membohongi diri sendiri. Semua peserta harus tampil apa adanya.

Ia mencontohkan, saat penilaian HATINYA PKK ada banyak kasus, malamnya tanah digemburin, ditanami pohon berpolibeg, kemudian ditutup rumput biar rapi. Namun begitu habis penilaian, semua tanaman dicabut lagi.

"Ini yang tidak kita inginkan, karena spirit dari lomba adalah semua tergerak menuju kearah yang lebih baik. Saya tidak ingin ada yang seperti ini (rekayasa). Akan percuma kalau saat penilaian bagus, tetapi sehabis penilaian jelek lagi. Jadi melalui lomba ini kita ingin semua tergerak, semua termotivasi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Penglumbaran  Suartini Artawan dalam laporannya menyampaikan, berbagai kegiatan dan inovasi sudah dilakukan PKK Desa Penglumbaran untuk mensukseskan 10 program pokok PKK, diantarannya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan inovasi senam cuci tangan untuk memasyarakatkan cara cuci tangan yang benar. 

Ia juga menjelaskan, beberapa capaian dan prestasi PKK Desa Penglumbaran, diantarannya, juara 1 lomba penyuluh pola asuh anak dan remaja tingkat Provinsi Bali, juara 1 lomba penyuluh kader pola asuh anak dan remaja tingkat Kabupaten Bangli tahun 2017, juara 1 lomba yel-yel PKK tingkat Kabupaten Bangli tahun 2017, juara 1 lomba tertib administrasi PKK tahun 2019 tingkat kabupaten, juara 1 lomba Posyandu tahun 2019 tingkat Kabupaten Bangli dan berbagai penghargaan lainnya.

Baca juga: Wabup Sedana Arta buka lomba Jambore PKK Kabupaten Bangli 2019

Sementara itu, Wabup  Bangli Sedana Arta  mengatakan, penilaian pelaksana terbaik KG PKK-KKBPK-Kes tahun ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Tujuannya tiada lain adalah untuk mendorong usaha pembangunan atas dasar tekad dan kekuatan sendiri, serta menilai keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan yang dilaksanakan dalam wujud peningkatan kualitas hidup, tanpa adanya rekayasa.

Menurut Wabup, sebagus apapun sesuatu, kalau ujung-ujungnya dipenuhi rekayasa tidak akan ada artinya, karena rekayasa sama halnya dengan membohongi diri sendiri.

Namun, ia percaya, apa yang ditampilkan PKK Desa Penglumbaran dan PKK Desa Peninjoan dalam penilaian ini sangat riil dan tidak ada yang dibuat-buat, karena dari tahap seleksi awal, siapa yang terbaik, maka itu yang akan tampil menjadi duta Kabupaten Bangli.

“Saya sangat yakin apa yang ditampilkan PKK Desa Penglumbran dan Desa Peninjoan sangat riil tanpa ada rekayasa. Mudah-mudahan dalam lomba ini, duta Bangli bisa menjadi yang terbaik,” katanya, berharap.

 

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019