Ratusan prajurit TNI dan PNS Kota Denpasar mengikuti upacara serangkaian memperingati Hari Sumpah Pemuda, di Lapangan Praja Raksaka Kepaon.

"Upacara hari ini diikuti ratusan peserta, baik itu seluruh prajurit dan PNS se-Kota Denpasar, berlangsung aman dan lancar," kata Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, usai memberikan sambutan di Denpasar, Senin.

Pelaksanaan ini juga disambut oleh marching band Kodam IX/Udayana, dan dilanjutkan dengan upacara Sumpah Pemuda.

Upacara menyambut Hari Sumpah Pemuda mengusung tema "Bersatu Kita Maju" yang bertujuan untuk menegaskan kembali komitmen para pemuda yang telah diikrarkan pada tahun 1928. Ia melanjutkan dengan adanya persatuan dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri saat upacara juga turut menyampaikan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali bahwa tema Sumpah Pemuda hari ini menjadi keharusan bagi pemuda karena di tangan pemuda Indonesia dapat lebih maju.

"Saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik. Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, budaya, agama," katanya saat membacakan sambutan Menpora RI.

Kemudian, Ia mengatakan dalam sambutan Menpora bahwa diharapkan peran pemuda untuk dapat bersaing dalam hal yang positif.

"Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa," ucapnya.

Untuk itu tugas pemuda saat ini, membuka pandangan lebih luas, untuk menyongsong masa depan Indonesia yang lebih baik.

"Berjuanglah, lahirkan ide-ide, dengan tekad dan cita-cita, pengorbanan dan perjuangan tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia," katanya dalam menyampaikan sambutan Menpora.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019