Sekda kabupaten Gianyar  I Made Gede Wisnu Wijaya menyerahkan izin  usaha simpan pinjam dan pemberian sertifikat diklat kepada para pengurus koperasi pada saat  acara puncak peringatan Hari Koperasi (Harkop) ke-72 tahun 2019 di Kabupaten Gianyar yang jatuh setiap  tanggal 12 Juli lalu, 

“Perkembangan Koperasi di Kabupaten Gianyar dari tahun ke tahun senantiasa mengalami peningkatan. Keberadaan koperasi ini telah mampu menyerap tenaga kerja yang sangat banyak,” kata Sekda I Made  Gede Wisnu Wijaya  saat membacakan sambutannya pada hari Koperasi ke-72, di Wantilan Pura Puseh, Desa Tampaksiring, Rabu, (31/7).

Selain itu, lanjut Sekda, perkembangan Koperasi tentunya mencerminkan kesadaran dan animo masyarakat untuk berkoperasi semakin tinggi. Hendaknya potensi ini jangan disia-siakan melalui berbagai inovasi peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Kita optimis tingginya animo ini akan tetap terjaga dan mampu kita tingkatkan,” tambah Wisnu Wijaya.

Melalui peringatan Hari Koperasi ke-72 ini, Wisnu Wijaya mengajak semua komponen melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan gerakan Koperasi. Pembina koperasi dan Dekopinda agar mengadakan perbaikan secara terus menerus, sehingga cita-cita bangsa.

Sementara itu, Ketua Panitia Harkop ke-72 Kabupaten Gianyar, Dewa Nyoman Susila Adnyana mengatakan, peringatan ulang tahun Koperasi di Kabupaten Gianyar setiap tahun dilaksanakan secara bergantian di setiap kecamatan se-Kabupaten Gianyar.

Untuk tahun ini dilaksanakan di Kecamatan Tampaksiring dengan mengusung tema “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”. 

Ditambahkan, berbagai kegiatan dilaksanakan serangkaian memperingati Harkop di Kabupaten Gianyar. Diantaranya, sosialisasi program dari PT. Jamkrida Bali Mandara, Sosialisasi dari BPJS Kesehatan, sembahyang bersama di Pura Pengukur-ukuran, Pejeng Kelod, Tampaksiring, diklat bidang kredit dari PT BPD Bali Cabang Gianyar untuk Koperasi se-Kabupaten Gianyar, kunjungan sosial menyerahkan santunan untuk masyarakat penyandang disabilitas di Kecamatan Tampaksiring, jalan sehat sambal memungut sampah plastic serta donor darah.

“Kegiatan serangkaian Harkop dilaksanakan sejak April 2019, yang diawali dengan kegiatan sosialisasi kesehatan dari BPJS Kesehatan,” imbuh Dewa Nyoman Susila Adnyana.

Sementara Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Gianyar, I Ketut Saban mengatakan, jumlah koperasi di Kabupaten Gianyar sebanyak 1.222 koperasi sementara yang dinyatakan sehat atau aktif sebanyak 990 sekian koperasi sehingga dijuluki Kabupaten Koperasi.

Seiring perkembangan teknologi pelayanan lembaga keuangan, sudah mengalami pergeseran yakni dari pelayanan non stop menjadi pelayanan berupa ATM, begitu juga setelah adanya ATM mulai dikalahkan dengan system e-banking. Begitu juga dari system pelayanan di masyarakat, misalnya dalam hal jual beli jasa saat ini mulai bergeser pada sistem jual beli online.

“Meski demikian adanya, kita di koperasi sekarang tentunya mulai mulai mereformasi diri. Satu yang perlu kita reformasi adalah SDM kita sendiri. Bagamana SDM kita ini, kalau yang sudah uzur harus kita diregenerasi. Kedua, knowledge atau produk kita di Koperasi. Wajib harus juga kita perbaiki, harus memenuhi keinginan pasar di era milenial ini,” kata Ketut Saban.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019