Sekaa Teruna  (ST) Tunas Muda, Banjar Dukuh Mertajati, Kota Denpasar melepas 70 ekor tukik dan melakukan bersih-bersih pantai di Pantai Muntig Siokan Sidakarya, Kota Denpasar dalam rangka HUT ke-39 ST itu.

Ketua panitia kegiatan tersebut, I Putu Ade Widiantara di Denpasar, Kamis, mengatakan tema yang diangkat yakni Sradha Bhakti secara umum mengandung makna pikiran dan perbuatan yang baik terhadap alam semesta tersebut diharapkan generasi muda terus semangat beraktivitas

Kegiatan yang dihadiri ratusan anggota Sekaa Teruna Tunas Muda serta tokoh masyarakat Sidakarya itu dibuka Sekretaris Desa Sidakarya, I Wayan Karjana, dan dihadiri Bendesa Adat Sidakarya, serta Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar.

Ade Widiantara menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut diisi dengan berbagai kegiatan, salah satunya adalah aksi sosial bersih pantai dan pelepasan tukik. Dipilihnya kegiatan ini merupakan sebagai bagian dari aplikasi tema itu.

"Kegiatan ini kami laksanakan guna menggugah kesadaran sekaligus mengedukasi masyarakat untuk ikut menjaga ekosistem alam dan lingkungan agar tetap terjaga dan indah," kata Widiantara.

Selain untuk menjaga ekosistem alami, kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi wahana edukasi bagi masyarakat, mengingat saat ini diperlukan kesadaran untuk turut serta dalam menjaga lingkungan agar tetap asri dan lestari.

"Saat ini penyu merupakan satwa yang dilindungi, sehingga sedini mungkin harus kita lestarikan keberadaannya agar tidak punah, sebagai generasi muda tentu kita harus berbuat untuk ikut menyadarkan diri sendiri dan orang lain akan pentingnya menjaga alam, sehingga lingkungan yang 'clean and no plastik' sesuai dengan Program Pemkot Denpasar dapat diwujudkan," katanya.

Ketua Sekaa Teruna Tunas Muda, Made Wahyu Sanjaya menekankan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sebagai wujud komitmen generasi muda untuk ikut menjaga lingkungan, mengingat saat ini isu lingkungan utamanya tentang plastik tengah menjadi sorotan semua pihak, sehingga diharuskan untuk ikut aksi guna ikut menjaga kelestarian alam itu sendiri serta memerangi plastik.

"Tahun ini kami kemas dengan beragam kegiatan, namun kami fokuskan terhadap isu lingkungan, mengingat Bali sebagai daerah yang disokong oleh pariwisata hendaknya ikut memperhatikan lingkungan sebagai upaya menjaga alam dan keberlangsungan pariwisata itu sendiri," ujarnya.

Sementara, Sekretaris Desa Sidakarya, I Wayan Karjana mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dimana, saat ini masih minim generasi muda yang mau unjuk aksi untuk aktif dalam membersihkan lingkungan.

"Iya semoga kedepanya kegiatan yang positif ini juga ditiru oleh seluruh STT di Desa Sidakarya dan bahkan seluruh STT di Kota Denpasar beserta lemen masyarakat," ujarnya. (*)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019