Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, memberikan motivasi dan pembekalan kepada para calon pekerja keluar negeri yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Bertempat di ruang rapat kantor Dinas Ketahanan Pangan, Rabu calon pekerja yang berjumlah 20 orang ini diberikan motivasi sebelum diberangkatkan menuju Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) di  Nusa Dua, Badung, Rabu, mengikuti  pendidikan dan pelatihan selama sebulan, yang kemudian dilanjutkan dengan program magang di hotel selama tiga bulan.

“Saya benar-benar terkesima dengan penampilan calon tenaga kerja ini. Semua sudah tampil rapi dan bersih berbeda sekali seperti saat  pertama kali dikumpulkan. Tetaplah seperti ini sehingga akan memberikan kesan baik terhadap orang lain,” kata Suwirta.

Selain menjaga penampilan untuk tetap bersih dan rapi, ia berpesan, agar seluruh peserta didik bersemangat, serta bertutur kata dan berprilaku yang baik dan sopan, serta belajar dengan tekun sebagai bekal untuk bekerja di negeri orang.

Sebagai pionir dalam program ini, bupati asal Nusa Ceningan ini juga meminta para peserta untuk bersungguh sungguh menjalani semua pelatihan, sehingga akan menjadi tenaga kerja yang produktif dan dihargai yang akhirnya akan berhasil bangkit dari kemiskinan.

“Saya ingin sekali melihat kalian cepat berangkat ke luar negeri, dan kembali pulang dengan membawa kisah keberhasilan, sehingga bisa menjadi contoh dan teladan bagi anak muda, utamanya dari keluarga kurang mampu,” katanya.

Ia berharap pada tahap selanjutnya akan lebih banyak lagi peserta yang ikut program ini, sehingga bisa mengangkat derajat ekonomi keluarga dan dapat mengurangi kemiskinan di Kabupaten Klungkung.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Gede Kusuma Jaya mengatakan, program kerja ke luar negeri bagi keluarga miskin ini merupakan ide Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Program ini digagas berkat temuannya saat melakukan program Bedah Desa, dimana banyak ditemukan KK Miskin yang memiliki anggota keluarga dengan tubuh yang sehat, dan memiliki potensi untuk  mengangkat derajat ekonomi keluarga.  

Pada tahap pertama ini, menurutnya, peserta yang lolos berjumlah 20 orang terdiri dari 2 orang wanita dan 18 laki laki, yang saat ini mengikuti pelatihan bahasa Inggris selama sebulan di Klungkung.

Setelah selesai, katanya, mereka akan diberangkatkan menuju STP Nusa Dua untuk mengikuti pendidikan selama sebulan, kemudian mengikuti program magang di hotel selama tiga bulan.

Rencananya, akhir tahun 2019 seluruh peserta sudah diberangkatkan untuk bekerja ke luar negeri baik di kapal pesiar maupun hotel, dengan seluruh pembiayaan dari program ini ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Klungkung.

Turut hadir dalam pembekalan tersebut Perwakilan Ketua STP Bali Wayan Sunarsa dan Dosen Bahasa Inggris Ibu Juli.***1***

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019