Anak-anak PAUD se-Kabupaten Gianyar didik untuk gemar makan ikan melalui sosialisasi Gemar Makan Ikan yang disaksikan langsung oleh Bunda PAUD Kabupaten Gianyar yang sekaligus juga Ketua Forikan Kab. Gianyar (Forum Peningkataan Konsumsi Ikan) Adnyani Mahyastra, di depan Open Stage Bali Budaya Gianyar, Senin.

"Selain daging, ikan juga mengandung protein yang penting untuk tumbuh kembang anak karena ikan terbukti mengandung Omega 3 yang sangat penting bagi perkembangan otak anak,”  kata Adnyani Mahyastra dalam sosialisasi yang dimeriahkan dengan parade tentang dunia ikan dan lingkungannya,

Selayaknya, dunia anak-anak, parade inipun berlangsung sangat meriah dengan berbagai tingkah kepolosan yang ditunjukkan. Mereka mengintepretasikan apa itu ikan, bagaimana menjaga lingkungan habitat ikan hidup, hingga menu olahan ikan sesuai dengan pikiran dan kreasi mereka sebagai anak-anak. 

Bunda PAUD Gianyar dalam melakukan edukasi ke anak-anak untuk gemar makan ikan menggandeng Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gianyar, tema parade kali ini adalah tentang ikan dan manfaat makan ikan.

"Bagaimana mereka diajarkan sejak dini, bagaimana cara menjaga lingkungan kali, kolam, sungai maupun laut tempat ikan tinggal agar tetap bersih, sekaligus mengajak agar anak-anak doyan makan ikan, yang tentu saja disesuaikan dengan umur mereka," katanya.

Parade ini merupakan salah satu cara untuk memberikan ruang pada anak- anak PAUD juga gurunya untuk bisa berkreasi sesuai dengan minat dan bakat mereka masing-masing. "Mereka di sekolah sudah diajarkan bagaimana menari dan menyanyi, parade ini adalah wadahnya," kata Adnyani Mahayastra

Ada 10 sekolah yang diminta melakukan edukasi gemar makan ikan yaitu TK Kumara Wiyata Manukaya, TK Kerta Winangun Santi Tulikup, TK Widya Craya Peliatan Ubud, TK Kumara Santhi Guwang, SDN I Bona, SDN 4 Batuan, SDN 1 Bukian, SMPN 3 Blahbatuh, SMPN 2 Sukawati dan SMPN 2 Payangan.

"Kita coba dari awal bangun pondasinya, sehingga nanti kedepannya kita mampu menghasilkan anak-anak yang beretika sesuai dengan agama Hindu," tegas Ny. Adnyani Mahayastra.

Sementara itu, Kabid PAUD Dinas Pedidikan Gianyar Manuaba selaku ketua panitia menjelaskan, selain parade dan sosialisasi gemarikan, pihaknya juga mengadakan lomba menggambar bersama keluarga yang diikuti oleh 21 peserta wakil dari 7 kecamatan di Kabupaten Gianyar, sedangkan untuk anak-anak PAUD diikuti hampir 350 anak-anak PAUD Kecamatan se-Kabupaten Gianyar.

Tujuan lomba ini, menurut Manuaba, adalah memberikan suatu media pada anak-anak dalam upaya menumbuhkembangkan minat anak-anak untuk mengonsumsi menu berbahan serba ikan. Program gemarikan merupakan salah satu langkah dalam mewujudkan pemahaman kesadaran masyarakat.

Hal senada juga ditegaskan dalam sambutan Bupati Gianyar yang dibacakan oleh Plt. Dinas Kebudayaan Kabupatern Gianyar I Wayan Sadra. Pemerintah akan selalu mendukung setiap upaya untuk membantu meningkatkan kecerdasan dan tumbuh kembang anak-anak di Gianyar.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019