Petugas gabungan mengecek jalur mudik Provinsi Bali yang masuk wilayah Kabupaten Jembrana, khususnya berkaitan dengan kondisi jalan.

Untuk mengecek kondisi jalan tersebut, petugas gabungan dari Polda Bali, Polres Jembrana, Dinas Perhubungan Jembrana dan Dinas Pekerjaan Umum Jembrana menyusuri jalur mudik hingga ke Pelabuhan Gilimanuk, Selasa.

"Kami masih menemukan di beberapa lokasi jalan yang berlobang dan bergelombang. Selain itu pekerjaan jembatan di wilayah Kecamatan Melaya juga belum selesai hingga arus mudik, meskipun tidak akan mengganggu arus mudik sepanjang untuk sementara pekerjaan jembatan itu dihentikan sampai selesai arus mudik dan balik," kata Kepala Bagian Operasional Polres Jembrana Komisaris M. Didik Wiratmoko.

Ia mengatakan agar tidak menganggu arus mudik, petugas gabungan minta pekerjaan jembatan yang ditargetkan selesai bulan Desember ini dihentikan sementara mulai H-8 sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Untuk mengantisipasi antrian di jalan utama, petugas juga menyiapkan terminal barang di Kelurahan Gilimanuk, yang mampu menampung ribuan kendaraan roda empat.

Kelengkapan marka jalan termasuk lampu penerangan juga diperhatikan petugas, yang menurut Kepala Seksi Managemen Rekayasa Lalu Lintas Sarana Dan Prasarana, Dinas Perhubungan Jembrana Gusti Ngurah Antara Yasa masih dilakukan pendataan.

"Rambu-rambu yang rusak segera akan kami perbaiki, termasuk lampu penerangan jalan karena menjadi sarana vital saat arus mudik," katanya.

Untuk memudahkan pemudik menuju Pelabuhan Gilimanuk akan dipasang sekitar 40 rambu yang mengarahkan kendaraan menuju ke pelabuhan yang menghubungkan dengan Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur tersebut.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, petugas juga akan memasang barrier atau pembatas jalan, agar kendaraan yang menuju Pelabuhan Gilimanuk dan sebaliknya, tidak saling serobot jalur masing-masing.

Selain petugas gabungan yang mengecek kondisi jalur mudik, Dinas Perindustrian, Perdagangan Dan Koperasi Jembrana juga melakukan pengawasan langsung ke SPBU-SPBU untuk memastikan mesin pengisi bahan bakar berjalan normal dan sesuai aturan.***3***

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019