Rombongan Pemkot Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Badung, Bali, untuk saling bertukar informasi tentang kerukunan umat beragama di wilayah masing-masing.

"Kegiatan ini merupakan forum saling bertukar pengalaman dalam urusan penyelenggaraan pemerintahan khususnya mengenai pengembangan wawasan antardaerah tentang tugas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di masyarakat,” ujar Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Badung, I Nyoman Suendi, di Mangupura, Kamis.

Ia menjelaskan, kerukunan umat beragama merupakan misi utama Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta. Dan itu terbukti dengan tingkat kerukunan umat di Badung yang berada pada angka 78 atau di atas rata-rata nasional dari hasil survei informasi bekerjasama dengan Puslitbang Kehidupan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kemenag tahun 2018.

"Yang menjadi variabel utama dalam survei tersebut adalah toleransi, kesetaraan dan kerja sama. Tentunya hak tersebut di Kabupaten Badung telah terbangun dengan baik dan harmonis sehingga dapat mendukung pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan," katanya.

Nyoman Suendi menjelaskan, pencapaian indeks itu merupakan peran serta FKUB Badung dalam menjaga kerukunan antar umat beragama.

Selain itu, dalam menjaga kerukunan umat beragama, Pemkab Badung pada tahun 2018 telah menganggarkan dana lebih dari Rp1,25 miliar dan pada tahun 2019 ini telah menganggarkan Rp675 juta untuk menunjang kegiatan FKUB Kabupaten Badung

Tidak hanya itu, Pemkab Badung melalui visi dan misi Bupati Badung juga membantu kebutuhan pribadi dan komunal seluruh umat beragama dengan membantu pembangunan tempat ibadah serta penguatan sarana dan prasarana penunjang.

"Kami telah membantu beberapa masjid dengan fasilitas mobil kesehatan serta fasilitas untuk menunjang kegiatan keagamaan lainnya,” kata Nyoman Suendi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tanjung Pinang, Rahma, yang memimpin rombongan menyampaikan terima kasih atas sambutan yang begitu hangat dari segenap jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Badung.

“Semoga dengan kunjungan kami ke sini ini dapat mendapatkan ilmu serta program-program yang nantinya dapat kami implementasikan di Pemkot Tanjung Pinang, kami juga mengundang jajaran OPD Badung untuk berkunjung ke kota kami,” ujarnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019