Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali menyerahkan laporan keuangan unaudited tahun anggaran 2018 ke Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

"Pemkab Klungkung dalam menggunakan anggaran menggunakan skala prioritas, dengan menciptakan beberapa inovasi maka kita akan mengetahui kebutuhan dan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Dengan dana terbatas Pemkab Klungkung berusaha mensejahterakan masyarakat," kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, saat menyerahkan laporan tersebut ke BPK, Selasa.

Dalam kesempatan ini, ia menyampaikan terimakasih kepada BPK karena sudah memberikan masukan dan koreksi perbaikan selama proses pemeriksaan awal/interim yang dilaksanakan dari tanggal 11 Februari sampai 15 Maret 2019.

Ia juga melakukan perbaikan  terkait beberapa hal yang menjadi catatan selama proses pemeriksaan yang disampaikan oleh tim auditor BPK RI.

"Kami berharap, selalu diberikan pembinaan-pembinaan dari BPK Republik Indonesia agar apa yang kami lakukan sebagai abdi negara dan abdi masyarakat sesuai dengan kepatuhan dari sisi aspek hukum, serta peningkatan efektivitas pelaksanaan pengendalian intern. Semua itu demi perbaikan baik dalam penatausahaan, pertanggungjawaban, maupun pelaporan pengelolaan keuangan daerah," katanya.
 
Mengenai koordinasi dan komunikasi yang sudah berjalan, ia mengatakan akan lanjutkan nanti pada saat tim auditor BPK kembali ke Kabupaten Klungkung untuk melaksanakan audit rinci terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang telah disampaikan Pemkab Klungkung.

Sementara Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Bali Sri Haryoso Suliyanto  berterimakasih karena Pemkab Klungkung sudah menyampaikan LKPD tepat waktu.

Menurut dia, berdasarkan pemeriksaan awal/interim yang sudah dilaksanakan sebelumnya, BPK berharap agar catatan yang sudah diberikan oleh tim BPK kepada Pemkab Klungkung dapat segera ditindaklanjuti.

Selain itu ia berpesan, agar Pemkab Klungkung berhati-hati dalam penyusunan dan penggunaan APBD.
 
Turut hadir dalam Acara Penyerahan tersebut Kepala Inspektorat Kabupaten Klungkung I Made Seger dan Asisten Administrasi Umum I Wayan Sumarta serta undangan terakit lainnya.***3***

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019