Semarapura, Bali, (Antaranews Bali) - Bintara Pembina Desa Aan, Koramil 1610-02/Bajarangkan, Pelda I Gede Sukarsana bersama Bhabinkamtibmas Aiptu I Ketut Sueda memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada anggota perlindungan masyarakat Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, terkait kesiapan keamanan dan ketertiban wilayahnya.

"Tujuan kegiatan ini guna memberikan teori dan praktek dasar baris berbaris serta wawasan kebangsaan bagi para anggota Linmas sebagai mitra strategis Babinsa maupun Bhabinkamtibmas di desa untuk membantu pengamanan di wilayah binaan," ujar Gede Sukarsana dalam siaran pers yang diterima Antara, Senin.

Kegiatan kepada Linmas tersebut dibuka oleh Sekretaris Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, I Nengah Duarjana. Menurutnya dalam Bimtek tersebut kepada anggota Linmas diberikan materi tentang perlindungan masyarakat sesuai Permendagri Nomor 20 Tahun 2016 tentang pengertian Linmas, tugas Linmas, hak dan kewajiban, persyaratan menjadi seorang Linmas.

Sementara Babinsa memberikan pengetahuan tentang pertahanan dan wawasan kebangsaan terutama terkait peran komponen masyarakat untuk turut serta dalam pembelaan negara.

Baik Babinsa maupun Bhabinkamtibmas juga memberikan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) serta menjelaskan bahwa latihan ini kita lakukan untuk membentuk fisik dan mental kita agar sehat dan terlatih serta membentuk disiplin, jiwa korsa, kebersamaan dan saling menghargai.

"Dengan pelatihan seperti ini juga dapat menunjang tugas Limas di masyarakat serta tentunya bisa melaksanakan tugas dengan baik", ungkap Pelda Gede Sukarsana.

Harapanya, selesai melaksanakan kegiatan pelatihan dan pembinaan anggota Linmas Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan dapat memahami dan mengerti tentang tugas dan tanggung jawabnya sebagai anggota Linmas.

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018