Klungkung, (Antaranews Bali) - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memberikan motivasi kepada pegawainya untuk kreatif dan inovatif, sehingga mampu memberikan pelayanan yang semakin baik kepada masyarakat.
    
Hal tersebut ia sampaikan saat mengunjungi Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan Klungkung, Bali untuk mengawasi kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN), agar sesuai dengan visi dan misi kepeminpinannya bersama Wakil Bupati I Made Kasta.
    
"Jadikan pekerjaan sebagai hoby, sehingga dalam bekerja kita akan terus berinovasi serta termotivasi untuk menjadi lebih baik setiap hari," katanya. Ia mengatakan, jiwa kreatif dan inovatif ini harus dimiliki mulai dari pejabat seperti pimpinan Organisasi Perangkat Daerah hingga staf terbawah.
    
Bupati asal Nusa Ceningan ini juga meminta kepada seluruh ASN di Kabupaten Klungkung, khususnya di Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, untuk terus menggali potensi yang dimiliki kabupaten tersebut.
    
Ia mencontohkan budidaya dan penjualan ikan nila, mujair, udang, kepiting dan lain sebagainya yang bisa dikembangkan, karena Klungkung memiliki potensi di sektor tersebut.
    
Menurut dia, kebutuhan ikan di restoran-restoran atau rumah makan yang berhubungan dengan sektor pariwisata seperti di Nusa Penida tergolong tinggi. “Kita mempunyai lahan luas  serta kolam  berisi ikan. Hal itu bisa di manfaatkan dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan ikan tersebut tanpa harus membeli keluar Klungkung," katanya.
    
Di sisi lain, visi misinya sebagai pimpinan daerah untuk periode kedua yang dimulai akhir tahun 2018 ini, diharapkan bisa diimpelementasikan oleh seluruh ASN di Kabupaten Klungkung untuk kesejahteraan masyarakat.
    
Dalam kegiatan tersebut, Suwirta didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan I Wayan Durma sempat berkeliling dan memberi makan ikan di kolam milik dinas yang berada di belakang kantor.
    
“Saya sebenarnya sudah membuat progres untuk membuat kolam pancing yang nantinya di integrasikan dengan rumah makan. Usaha ini akan dikelola oleh koperasi PKK dengan harapan bisa menjadi tempat representatif, yang memiliki muatan pemberdayaan serta bisa menjadi percontohan. Progran itu bisa diterapkan di sini,” katanya.
    
Sementara I Wayan Durma mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan program-program unggulan di bidang ketahanan pangan yang sejalan dengan visi misi pimpinan daerah. "Salah satunya menguatkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat melalui pemberdayaan dengan meningkatkan ketahanan pangan,” katanya. 

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018