Gianyar (Antaranews Bali) – Bupati Gianyar I Made Mahayastra akan menaikan tarif wisata di tujuh destinasi wisata dari Rp15.000 menjadi Rp50.000 per orang, apalagi DPRD Gianyar sudah menyetujui kenaikan tariff tersebut.

“Akan naik dalam waktu secepatnya setelah peraturan bupatinya sudah siap. Ada tujuh destinasi wisata di Gianyar yang tarifnya dinaikkan,” kata Bupati Made Mahayastra, usai melantik perbekel di kecamatan Gianyar dan Kecamatan Blahbatuh, Rabu, di Gianyar.

Tujuh objek wisata yang dikelola Pemkab Gianyar akan naik tarifnya dalam waktu dekat ini ialah Pura Tirta Empul, Goa Gajah, Gunung Kawi (Tampaksiring), Gunung Kawi (Sebatu), Yeh Pulu, Alam Sidan dan Bukit Jati.

Bupati Gianyar berpendapat kenaikan ini sudah layak diterapkan lantaran di kabupaten lain rata-rata sudah melakukannya. ”Objek wisata di kabupaten lain juga sudah banyak naik. Contohnya Tanah Lot di kabupaten Tabanan sekarang sampai Rp50.000,” jelasnya.

Bupati Mahayastra seharian melakukan pelantikan pengurus perbekel di tujuh kecamatan di Gianyar secara marathon di tiga lokasi. Selain di kecamatan Gianyar dan kecamatan Blahbatuh, Mahayastra juga akan melantik perbekel di kecamatan Ubud, Tegallalang, Payangan,Tampaksiring, dan Sukawati.

Untuk Kecamatan Gianyar dan Blahbatuh pengambilan sumpah, pelantikan dan serah terima jabatan perbekel dipusatkan di Wantilan Pura Samuantiga, Desa Bedulu Blahbatuh Gianyar. Perbekel yang dilantik dan diambil sumpahnya adalah I Nyoman Gde Triyasa,SH sebagai Perbekel Desa Serongga. Ngakan Made Astawa sebagai Perbekel Desa Suwat, I Made Ardika sebagai Perbekel Desa Tulikup, I Ketut Berata sebagai Perbekel Desa Siangan, I ketut Trisna Jaya,SS sebagai Perbekel Desa Belega, Gede Satya Kusuma,SH sebagai perbekel Desa Blahbatuh, I Gusti Putu Sarjana sebagai perbekel Desa keramas, dan I Gusti Nyoman Gede Susila sebagai perbekel Desa Bona.

Sedangkan Untuk Kecamatan Ubud, dan Kecamatan Sukawati pengambilan sumpah dan pelantikan perbekel dipusatkan di Wantilan Pura Taman Pule Desa Mas Ubud. Perbekel yang dilantik dan diambil sumpahnya adalah I Dewa Nyoman Neka,SH sebagai Perbekel Desa Kemenuh, I Made Karjana sebagai Perbekel Desa Singapadu Kaler, Drs. I Made Demontara sebagai Perbekel Desa Singapadu Tengah, I Nyoman Rupadana sebagai Perbekel Desa Celuk, I Made Dwi Sutaryantha sebagai Perbekel DEsa Peliatan, I made Andika,S.Kom sebagai Perbekel Desa Sayan,  I Wayan Gede Darmayuda sebagai Perbekel Desa Mas, dan I DEwa Gede Rai Dharmanta sebagai Perbekel Desa Kedewatan.

Untuk Kecamatan Tampaksiring, Tegallalang dan Payangan pengambilan sumpah dan pelantikan perbekel dipusatkan di Balai Br. Desa Buahan Payangan. Perbekel yang dilantik adalah, I Wayan Pasek Yusabawa,SH sebagai perbekel DEsa Sebatu, Dewa Ketut Raka sebagai Perbekel Desa Kedisan, I DEwa Gede Jaya Kusuma sebagai Perbekel Desa Kenderan, Tjok Gede Agung Kusuma Yuda P,SE sebagai Perbekel Desa Pejeng, Dewa Putu Kencana sebagai perbekel Desa Manukaya, I Gede Berata Aginawa,SH sebagai perbekel Desa Puhu dan Drs. I Wayan Wirtama sebagai perbekel Desa Buahan Kaja.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018