Nusa Dua (Antaranews Bali) - Aplikasi PalapaONE mendukung kebutuhan informasi untuk delegasi Pertemuan Tahunan "International Monetary Fund-World Bank" (IMF-WB) di Nusa Dua, Bali, 8-14 Oktober 2018 untuk mengakses berbagai informasi tentang "Indonesia Pavilion".

Senior Vice President Portofolio dan Synergy PT Telkom Indonesia Pramasaleh Hario Utomo di Nusa Dua, Bali, Kamis, mengatakan bahwa Indonesia Pavilion memamerkan produk kerajinan, objek wisata, dan sebagainya di kawasan pertemuan yang dihadiri 34.000 peserta dari 189 negara itu.

"Saat ini kami memperkenalkan PalapaONE untuk mendukung penuh kegiatan Indonesia Pavilion IMF-WB 2018, sehingga delegasi dari berbagai negara dapat memiliki pengalaman menjelajah Indonesia melalui Indonesia Pavilion yang memamerkan keindahan Indonesia secara digital melalui aplikasi mobile PalapaOne," katanya.

Ia menjelaskan PalapaOne dapat diunduh melalui Google Play Store maupun App Store atau melalui website www.palapaone.id untuk mendapatkan informasi tentang rundown, publish foto, scan produk, maupun reminder susunan acara di "Indonesia Pavilion" yang tidak hanya memudahkan peserta pertemuan, namun juga wartawan dalam menelusuri apa saja terkait paviliun itu.

"PalapaONE adalah aplikasi yang dikembangkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia sebagai bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang memberikan kemudahan dalam penyelenggaraan event secara digital, termasuk kegiatan Indonesia Pavilion di kawasan Pertemuan IMF-WB di Nusa Dua, Bali," katanya.

Selain memudahkan penyelenggara kegiatan dalam mengelola kegiatan secara cepat, ringkas, dan efisien (digital), katanya, PalapaOne juga dapat menjadi media promosi dan publikasi event bagi participant dan non-participant di seluruh Indonesia dan internasional

"Participant dapat melihat jadwal acara, denah lokasi acara, panitia, lokasi booth, akses langsung ke Indonesia Travel, berbagai berita tentang acara, produk-produk yang ada pada acara mulai dari handycraft sampai investment opportunities, serta participant dapat menguppload foto-foto ketika berada di acara yang akan masuk ke dalam gallery PalapaOne," katanya.

Bagi panitia atau non-participant, mereka dapat melakukan "updating" dan "management information" terkait berita, event, jadwal, pembicara, dan lokasi tempat acara dengan memberikan website event, mobile apps event, mobile apps scanner presence, dan dashboard.

"Website event akan membuat peserta dapat mencari tahu informasi acara (tema, tempat, tanggal) dan juga melakukan bisnis lewat aplikasiPalapaOne yang terhubung langsung dengan KatalogBUMN dan Blanjacom. Untuk mobile apps event dapat diunduh dan diinstall di gadget Android maupun IOS dengan fitur yang menampilkan Jadwal, Lokasi, dan reminder untuk menghadiri acara," katanya.

Khusus Indonesia Pavilion juga dapat mengakses segala informasi, seperti denah acara Indonesia Pavilion, scan barcode pada produk-produk yang ada di Indonesia Pavilion untuk mendapatkan informasi dan berhubungan langsung dengan BUMN terkait, juga peluang untuk berinvestasi.

Aplikasi pengelolaan acara secara digital itu dikembangkan Telkom Indonesia sejak 2013 dan digunakan oleh Telkom Group sebagai aplikasi standar untuk acara internal perusahaan, lalu Telkom Indonesia mulai menggunakannya untuk keperluan eksternal sejak 2017 dengan mengubah namanya menjadi PalapaONE. (WDY)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018