Nusa Dua (Antaranews Bali) - Direktorat Polisi Air Polda Bali melakukan patroli dengan cara menyisir sepanjang pantai di kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Nusa Dua, Rabu, yang tidak jauh dari lokasi pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia.

Kasub Satgas Patroli ATV Kompol Budi Susanto di Nusa Dua menjelaskan tujuan kegiatan tersebut guna memberikan rasa aman secara tidak langsung kepada delegasi-delegasi yang menghadiri IMF-WB 2018 di Bali.

Budi Susanto berharap melalui kegiatan patroli ini dapat menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sehingga seluruh rangkaian kegiatan IMF-WB di Nusa Dua dapat berjalan dengan sukses.

Ia mengatakan bahwa Satgas IV Unit patroli ATV Direktorat Polair Bali juga melaksanakan psosialisasi secara intensif kepada warga dan wisatawan mancanegara yang beraktivitas di kawasan pesisir pantai ITDC.

"Ini kami lakukan, mengingat pertemuan IMF-WB ini telah menyedot perhatian publik karena dihadiri seluruh gubernur bank sentral dan menteri keuangan dari 189 negara," katanya.

Tidak hanya melakukan patroli di pesisir Pantai Hotel Westin dan pesisir Pantai Hotel Laguna, anggota Subsatgas Anarkis Brimobda Bali juga mengintensifkan patroli dengan menggunakan sepeda motor untuk melakukan pemeriksaan tempat parkir kendaraan delegasi-delegasi yang menghadiri IMF-WB. Hal ini guna menekan gangguan kejahatan jalanan.

"Patroli juga dilakukan mulai Jalan Seconday Road, parkiran depan Hotel Westin dan di depan Hotel Laguna," kata petugas patroli AKP Putu Sudarmadi.

Ia mengatakan bahwa anggota Subsatgas Anarkis Brimobda Bali juga memeriksa satu per satu kendaraan yang parker guna memastikan tempat parkir yang aman dan tidak ada barang-barang berbahaya.

Selain itu, Polda Bali juga menyiapkan tim "food safety" yang berasal dari personel Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Bali untuk mengecek keamanan menu makanan buat delegasi dan kepala negara yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Untuk menjaga keamanan menu makanan, tim akan menyiapkan reagen untuk mengecek kandungan logam berat yang bersifat racun seperti timbal, sianida, dan arsenik.

Tim akan memeriksa satu per satu makanan yang akan dihidangkan untuk para tamu di ruang makan. Sebelum dihidangkan, makanan tersebut sudah diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan keamananya.

Untuk memastikan kesehatan para tamu delegasi, disiapkan juga tim kesehatan berikut ambulans untuk mengantisipasi hal-hal yang bersifat darurat. (WDY)

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018