Badung (Antaranews Bali) - Penyelenggaraan Mandiri Badung International Night Run (MBINR) 2018, yang merupakan rangkaian kegiatan Pesona Nusa Dua Fiesta 2018, akan dapat menjadikan Kabupaten Badung sebagai "sport tourism destination" atau destinasi wisata olahraga.

"Kami mendukung penuh kegiatan MBINR 2018 dan mudah-mudahan kegiatan tersebut dapat menjadi rintisan 'sport tourism' di Kabupaten Badung," ujar Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, saat memberikan keterangan pers terkair kegiatan Pesona Nusa Dua Fiesta, di Mangupura, Badung, Selasa.

Ia mengatakan, penyelenggaraan Mandiri Badung International Night Run 2018 juga dapat melengkapi berbagai objek dan atraksi wisata di wilayah Badung jelang pelaksanaan pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Bali, bulan Oktober mendatang.

"Kegiatan ini juga akan mendukung pelaksanaan 'Annual Meeting IMF-World Bank' yang akan digelar 8-14 Oktober mendatang. Dengan agenda ini, banyak anggota delegasi telah mulai berdatangan," katanya.

Melalui kegiatan tersebut, Bupati Giri Prasta berharap, selain dapat meningkatkan kunjungan wisatan ke Bali, khususnya ke Badung, juga akan berdampak kepada masa tinggal turis yang lebih panjang.

"Masa tinggal yang lebih panjang tentu saja mampu menggeliatkan perekonomian daerah. Selain itu, pendapatan asli daerah khususnya dari PHR Badung akan meningkat," ujar Giri Prasta.

Kegiatan MBINR 2018 yang diselenggarakan oleh Indonesia International Development Corporation (ITDC) bekerja sama dengan Pemkab Badung, Kementerian Pariwisata, Kementerian BUMN dan Bank Mandiri akan diselenggarakan pada Minggu (30/9) mendatang.

Untuk Pesona Nusa Dua Fiesta yang diadakan pada 28-29 September 2018 di Pulau Peninsula, Kawasan The Nusa Dua, ia mengatakan acaranya menampilkan berbagai kegiatan seni dan budaya dan sejumlah artis seperti kelompok musik Gigi serta Adera.

Managing Director ITDC Bali Wayan Karioka, menjelaskan, Pesona Nusa Dua Fiesta merupakan kegiatan tahunan yang merupakan festival budaya dalam rangka promosi pariwisata Bali dan Indonesia di kancah nasional dan internasional.

"Dua kegiatan itu nantinya kami harapkan dapat mempromosikan kawasan pariwisata The Nusa Dua sebagai 'resort destination' tetapi juga sebagai 'event destination'," ujarnya.

Terkait MBINR 2018, ia mengatakan, lomba lari bertema "Run Accross the Sea - Chasing the Sunrise" itu akan menjadi lomba lari malam pertama di Bali, yang memberikan pengalaman bagi pesertanya untuk merasakan sensasi berlari di Jalan Tol Bali Mandara 2018.

"Lomba ini dibagi dalam lima kategori yaitu Full Marathon, Half Marathon, 10 kilometer, 5 kilometer serta tiga kilometer, dengan target peserta 3.000 orang dari berbagai negara," ujarnya. (ed)

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018