Denpasar (Antaranews Bali) - Ratusan personel Kepolisian Daerah Bali, siap mengawal pelaksanaan Acara Maybank Bali Maraton ke-7, yang akan berlangsung di Jalan Bypass Ida Bagus Mantra, Gianyar, Minggu (9/9), guna mencegah kemacetan lalu lintas di daerah itu.

"Polda Bali menerjunkan ratusan personel dengan melakukan pengamanan terbuka dan tertutup di sepanjang rute yang dilalui oleh peserta," kata Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Henky Widjaja di Denpasar, Sabtu.

Upaya pengawalan dan pengamanan ini dilakukan, mengingat akan ada 10.500 orang peserta dari 50 negara yang akan mengikuti kegiatan Maybank Bali Maraton yang berlangsung di Pulau Dewata.

Selain mengatur lalu lintas, Polda Bali dalam upaya pengamanannya tetap mengedepankan langkah preventif yang didukung dengan kegiatan preemtif, intelijen, penegak hukum kuratif dan rehabilitas.

Sementara itu, Wadir Pamobvit Polda Bali, AKBP I Putu Tustha Mahayana menambahkan, jajaran kepolisian daerah setempat juga sudah melakukan upaya pengaturan arus lalu lintas untuk mencegah kemacetan panjang di lokasi acara.

"Sebelum acara ini berlangsung, kami juga telah menyosialisasikan pelaksanaan event ini di media sosial dan elektronik, sehingga masyarakat yang ingin melintas di jalur ini, bisa menggunakan jalan alternatif lain," katanya.

Selain itu, pihaknya juga sudah memetakan tempat yang dinilai memiliki kerawanan, yang nantinya saat pelaksanaan lomba ini sudah menempatkan personel berseragam.

"Kami yakin hingga berakhir seluruh acara perlombaan dapat berjalan dengan sukses dan lancar sesuai harapan kita bersama," ujarnya.

Terkait acara Maybank Bali Maraton akan ada empat kategori yang dipertandingkan yakni "full marathon, half marathon, 10K dan childrens sprint".

Pada kategori "full marathon", para peserta harus melintasi jalur yang telah ditentukan dengan jarak tempuh 42 kilometer. Untuk dikategori "half marathon", para peserta akan berlari sejauh 21 kilometer.

Sedangkan untuk kategori 10K, para peserta aka berlari sejauh 10 kilometer dan kategori "childrens sprint" atau anak-anak akan menempuh jarak berlari 100 meter hingga 450 meter.

"Setiap kategori yang dilombakan, waktu startnya berbeda-beda. Ketegori pertama start Pukul 05.00 Wita, kategori kedua start Pukul 05.30 WITA. Sedangkan kategori ketiga dan keempat, start pada Pukul 06.00 WITA dan Pukul 08.30 WITA," ujar Putu Tustha. (WDY)

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018