Badung (Antaranews Bali) - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta meraih penghargaan "Manggala Karya Kencana" pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXV di Manado, Sulawesi Utara.

Keterangan pers dari Humas Badung yang diterima Antara di Mangupura, Badung, Bali, Senin, menyebutkan penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani, Jumat (6/7) lalu. 

Selain Bupati, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Badung, Putu Rianingsih juga memperoleh apresiasi "Dharma Karya Kencana" tahun 2018.

Putu Rianingsih mengatakan, penghargaan yang berhasil diraih tersebut tidak lepas dari kerja keras seluruh 'stakeholder' yang ada di Kabupaten Badung. “Ini merupakan niatan kami bersama untuk mewujudkan keluarga Badung yang berkualitas dengan terciptanya anak yang 'suputra'," katanya. 

Ia menjelaskan, pencapaian yang berhasil diraih tersebut juga tidak lepas dari pelaksanaan delapan fungsi keluarga yang dapat membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan serta kebodohan. "Semoga penghargaan ini menjadi penyemangat upaya kami dalam mewujudkan Kabupaten Badung yang 'shanti' dan 'jagaditha',” katanya

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, Menteri Puan mengatakan, peringatan HARGANAS yang diperingati setiap 29 Juni bertujuan untuk mengingatkan masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. 

Menurut dia, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga dapat ditelusuri melalui berbagi indikator yang merupakan cerminan dari pelaksanaan delapan fungsi keluarga. "Hal tersebut tercantum dalam PP No 87/2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana dan Sistem Informasi Keluarga," katanya.

Dalam PP tersebut, disebutkan delapan fungsi keluarga diantaranya adalah, fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan. (ed)

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018