Negara (Antaranews Bali) - Seluruh tahapan Pilkada Bali di Kabupaten Jembrana berjalan lancar mulai dari pemungutan suara hingga rapat pleno KPU setempat.

"Mulai dari pemungutan dan penghitungan suara di TPS hingga sekarang rapat pleno rekapitulasi perolehan suara di tingkat KPU Jembrana berjalan lancar. Hasil rapat pleno ini tinggal kami bawa ke KPU Provinsi Bali," kata Ketua KPU Jembrana Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya, usai rapat pleno di Negara, Kamis.

Ia mengatakan, untuk perolehan suara, pasangan I Wayan Koster - Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati mendapat 81.783 suara, sedangkan pasangan Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra - I Ketut Sudikerta memperoleh 72.801 suara.

Sebagai penyelenggara pemilu ia mengaku bersyukur, sejak dari penghitungan suara di TPS, kecamatan hingga kabupaten, tidak terjadi protes dari seluruh saksi pasangan calon.

"Seluruh saksi pasangan calon mau tandatangan berita acara perolehan suara, demikian juga dalam blanko keberatan saksi seluruhnya kosong. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga tahapan Pilkada Bali di Kabupaten Jembrana berjalan lancar," katanya.

Namun ia mengakui, masih ada hal-hal yang harus dievaluasi dari Pilkada Bali ini untuk hajatan pemilu selanjutnya, seperti jumlah kehadiran pemilih ke TPS yang masih dibawah target nasional.

Ia mengungkapkan, target nasional kehadiran pemilih di TPS sebesar 77,5 persen, sementara untuk Jembrana saat Pilkada Bali mencapai 68 persen lebih.
Meskipun jumlah pemilih yang tidak hadir mencapai 31 persen lebih, menurutnya, jumlah ini mengalami penurunan dibandingkan pemilihan bupati dan wakil bupati Jembrana sebelumnya.

Sedangkan Ketua Panwaslu Jembrana Pande Made Ady Muliawan yang hadir dalam rapat pleno KPU mengatakan, ada beberapa faktor penyebab ketidakhadiran pemilih ke TPS antara lain mereka yang bekerja di luar daerah, rutinitas masyarakat mencari perekonomian sehingga lebih memilih bekerja dibanding datang ke TPS serta pemilih pemula yang sekolah di luar Bali. (WDY)

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018