Bogor (Antara Bali) - Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat Institut Pertanian Bogor mengembangkan wilayah Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, sebagai kawasan agrowisata berbasis masyarakat.

Kepala Humas dan Protokol IPB, Henny Windarti, Rabu, di Bogor, mengatakan, wilayah Kelurahan Situ Gede, merupakan salah satu dari kelurahaan binaan IPB.

Kelurahan Siru Gede memiliki potensi besar pada kerajinan rakyat. Hasil kerajinan warga setempat, yang tak lain sebagai binaan langsung IPB, berhasil menembus berbagai pusat perbelanjaan modern di Jabodetabek. Selain itu, produk kerajinan mereka juga banyak dikirim ke bedrbagai kota besar di Indonesia.

Kerajinan yang dikembangkan warga Kelurahan Situ Gede, yaitu berupa pembuatan kompos, pengelolaan lingkungan yang sehat dan bersih, pembinaan pos pemberdayaan masyarakat (posdaya) hingga lembaga ekonomi mikro.

Selain itu, Kelurahan Situ Gede juga memiliki potensi wisata alam luar biasa, dengan keberadaan hutan penelitian CIFOR maupun wahana rekreasi alam danau Situ Gede, yang lokasinya bersebelahan.

Oleh karena itu, lanjut Henny Windarti, IPB menjadikan Kelurahan Situ Gede sebagai kawasan pengembangan agrowisata berbasis masyarakat.

Melalui pengembangan agrowisata tersebut, diharapkan banyak warga daerah lain yang berkunjung ke Situ Gede dengan tujuan belajar langsung dari keberhasilan kelurahan setempat dalam mengembangkan sejumlah program pemberdayaan masyarakat.

"Dengan banyaknya warga daerah lain yang belajar ke Situ Gede, apa yang telah dikembangkan warga setempat, dapat ditiru daerah lain untuk mewujudkan kesejahteraan dan pengembangan lingkungan berkelanjutan," papar Henny Windarti.

Guna memuluskan program tersebut, pada akhir pekan lalu, LPPM IPB telah menjalin kerjasama dengan Kelurahan Situ Gede, yang didukung Bank BTN sebagai mitra utama.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011