Mangupura (AntaraNews Bali) -  Karyawan PT Tirta Investama ---Pabrik Mambal (Pabrik AQUA Mambal)---  mengadakan Danone Volunteering Month (DVM) atau Bulan Kesukarelaan Danone berupa mereka terjun langsung menjadi relawan yang memberikan edukasi hidup sehat-bersih dan pertanian sehat di pekarangan  di Banjar Pegongan, Desa Taman, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung.

Kegiatan ini dilakukan Pabrik AQUA Mambal bersama dengan Puskesmas 4 Abiansemal, Pemerintah Desa Taman, Kader Sanitasi  Banjar Jempanang Desa Belok Sidan,Kelompok tani organik Mambal Lestari Subak Mambal, Siswa Sispala SMU N 1 Abiansemal, Gede Duta Visual Production, BPDAS- HL Unda Anyar  dan 105 warga Banjar Pegongan yang terdiri dari anak-anak beserta orang tuanya dan juga enam kader posyandu Banjar Pegongan Desa Taman.

DVM adalah program yang mendorong karyawan untuk berkontribusi ke komunitas sekitar melalui kegiatan sosial yang positif dan dilakukan serempak oleh perusahaan Danone di berbagai Negara setiap tahunnya.

Dalam program ini, Danone melibatkan karyawannya menjadi sukarelawan untuk berkontribusi langsung dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan dan lingkungan sekitar sebagai salah satu bentuk perwujudan misi perusahaan. Tahun ini  DVM diselenggarakan dengan mengangkat tema "Krama  Patuh, Gumi Landuh".

DVM di Bali menitikberatkan pada edukasi hidup sehat  dan bersih  melalui permainan untuk lebih mudah dapat diterima oleh anak-anak dan penyuluhan perilaku hidup sehat melalui pendekatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang diberikan oleh kader sanitasi banjar Jempanang. Anak-anak diajari memilah sampah,dan mencuci tangan pakai sabun (CTPS).

Selain itu Ibu-Ibu PKK dan posyandu juga diberi materi pedoman gizi seimbang oleh pihak Puskesmas. Tidak itu saja dari Kelompok tani organik  Mambal Lestari Subak Mambal  juga mengajarkan Ibu-Ibu rumah tangga untuk budidaya tanaman sayur-sayuran yang sehat di lahan pekarangan. Sebagia penutup acara penyerahan bantuan berupa bibit tanaman sawo  diserahkan Pabrik AQUA Mambal kepada kepala dusun banjar Pegongan Desa Taman

Plant Manager AQUA Mambal, yang diwakili SHE Manager I Gusti Ngurah Warasutha mengatakan,"kegiatan ini adalah wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar, selain memberikan manfaat kepada anak-anak dan para Ibu rumah tangga  yang  mengikuti edukasi ini, secara umum kegiatan ini menumbuhkan kepedulian setiap karyawan Pabrik AQUA Mambal dan menambah kepercayaan diri untuk bisa memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar, hal yang sama berlaku pada setiap pemangku kepentingan yang terlibat," jelas Ngurah  

Rangkaian kegiatan DVM terinspirasi oleh komitmen Danone untuk memimpin Revolusi Pangan atau Alimentation Revolution dengan mendukung masyarakat untuk mengubah pola makan dan minum yang lebih sehat untuk masa depan yang lebih baik. Danone Manifesto ini diimplementasikan dalam program keberlanjutan Perusahaan yang juga disesuaikan dengan target Sustainable Development Goals (SDGs) 2030

Dalam sambutannya, Perbekel Desa Taman yang diwakili kepala dusun Banjar Pegongan I Gede Sedana Yoga, menyampaikan terima kasih kepada Pabrik AQUA Mambal yang telah melakukan pendampingan masyarakat khususnya anak SD dan Ibu-Ibu rumah tangga  di Desa Taman terkait edukasi perilaku hidup sehat dan bersih.

"Saya selaku kepala dusun sekaligus mewakili warga banjar Pegongan Desa Taman menyambut baik dan berterima kasih atas kegiatan positif yang dilakukan AQUA bersama para pihak di wilayah kami, mudah- mudahan melalui kegiatan ini warga kami mendapat tambahan pengetahuan terlebih mengalami peningkatan kesadaran bahwa sangat penting untuk berperilaku hidup sehat dan bersih dalam kehidupan sehari-hari mulai dari diri sendiri dan menjaga lingkungan sekitar juga tetap bersih," tuturnya.

Sebelumnya pada Juni tahun lalu, AQUA Mambal  juga melakukan aksi sosial yang sama bertempat di Desa Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Kegiatan yang dilakukan bekerjasama dengan para pihak  diisi dengan kegiatan  edukasi lingkungan dan makanan sehat serta kampanye keselamatan dalam berlalu lintas oleh Satlantas Polres Badung dan  edukasi gizi untuk masyarakat.

Danone-AQUA adalah bagian dari kelompok usaha DANONE, salah satu produsen produk makanan dan minuman terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, unit usaha DANONE meliputi tiga kategori utama, yaitu minuman (AMDK, minuman ringan non karbonasi, dan minuman teh),  Nutrisi untuk Kehidupan Awal (Nutricia dan Sarihusada), serta nutrisi medis. Danone-AQUA merupakan Perusahaan FMCG pertama di Indonesia yang bersertifikasi B-Corp, yaitu standar tertinggi terhadap kinerja sosial dan lingkungan, transparansi dan akuntabilitas.  Laporan keberlanjutan Danone-AQUA dapat diakses melalui www.aqua.com.  Untuk masukan serta keluhan pelanggan, dapat disampaikan melalui AQUA Menyapa 08001588888 atau melalui Facebook Sehat AQUA dan www.aqua.com (*)

Pewarta: Antaranews Bali

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018