Denpasar (Antaranews Bali) - Pelaksana Tugas Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menyerahkan piala kepada pemenang lomba gamelan"Gender Wayang Style Kayumas Kaja" yang diikuti sebanyak 116 peserta dari seluruh Bali.

"Kami terus mendukung kegiatan lomba tersebut dalam upaya melestarikan gamelan tradisional Bali. Kami berharap dengan lomba tersebut ke depan peserta akan lebih banyak, sehingga kesenian itu tetap lestari," kata Jaya Negara di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan dengan kegiatan lomba tersebut diharapkan juga ada bibit-bibit generasi untuk melanjutkan tradisi kebudayaan itu.

"Lomba semacam ini diharapkan lebih sering diselenggarakan sehingga semakin banyak memiliki bibit generasi penerus kesenian terebut," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Gender Wayang, I Gede Eka Adnyana mengatakan keberhasilan pelaksanaan lomba ini tak terlepas dari para tokoh seniman Gender Wayang Banjar Kayumas Kaja, yang masih aktif dalam membina bibit baru generasi muda dalam tabuh gender wayang.

"Dengan adanya lomba gender wayang ini, diharapkan dapat memberi dampak untuk bisa menumbuhkan rasa cinta, terutama para generasi muda terhadap seni gender wayang serta mampu membangkitkan dan melestarikan kesenian ini sesuai dengan visi dan misi Kota Denpasar yakni `Denpasar Kreatif Berwawasan Budaya`," ujarnya

Menurut dia, selain untuk melestarikan seni dan budaya, juga untuk menggali potensi para seniman cilik sebagai generasi penerus dalam menjaga, serta memelihara kesenian Bali khususnya tabuh kerawitan gender wayang

Adapun kedua belas peserta berpenampilan terbaik tersebut yakni kategori usia 7-12 tahun juara pertama Ni Made Indira Anasari Saputra dan Ni Kadek Vinna Callysta Padmarini, juara II yakni I Gede Sandy Wedanatha dan Putu Vigo Yudha Pratama, juara III Kadek Citra Aprilya Putri dan I Gede Wira Yadnya.

Sedangkan juara harapan I diraih Putu Indah Aryati dan Komang Wikananda Eka Putra, harapan II yakni AAN Bagus Satria Wedanta dan I Nyoman Gede Yajamana Swaha dan harapan III yakni AAN Trisna Adi Putra dan AAN Lanang Raditya.

Pada kategori usia 13-15 tahun disabet juara pertama Komang Gilang Kurnyawan dan AA Gede Bagus Mas Weda Ananta, juara II yakni IB Surya Natha dan AA Putu Yudidharma Nugraha, juara III yakni I Gusti Putu Agung Arta Nugraha dan IB Oka Santika Putra,

Begitu juga juara harapan I yakni Gde Ivan Valentino Dwi Putra dan I Made Liang Wirajaya, harapan II yakni I Putu Indra Wira Pratama dan Reva Majesty Sentana Karang, serta harapan III yakni Ni Luh Cahyani Dewi dan I Putu Arya Bijaksara.








 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018