Denpasar (Antaranews Bali) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menempatkan satu unit minibus yang salah satunya berfungsi sebagai anjungan tunai mandiri bergerak untuk memenuhi kebutuhan uang tunai bagi para pemudik di Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

"Minibus layanan gerak itu akan beroperasi mulai 11 hingga 14 Juni 2018," kata Pemimpin BNI Kantor Wilayah Bali dan Nusa Tenggara Eko Setyo Nugroho di Denpasar, Jumat.

Pelabuhan Gilimanuk menjadi salah satu akses keluar masuk terpadat di Bali yang melayani penyeberangan menuju Pulau Jawa saat arus mudik, balik dan libur panjang Lebaran.

Menurut Eko, selain beroperasi layaknya mesin ATM, minibus tersebut nasabah juga dapat melakukan transaksi keuangan layaknya gerai atau di kantor bank di antaranya seperti setor dana, pemindahan, atau buka rekening baru yang sudah dilakukan dalam jaringan atau "online".

Pihaknya menyiapkan tim khusus untuk memberikan layanan tersebut termasuk memberikan keamanan dan memastikan kelancaran seluruh mesin ATM di Bali selama 24 jam dalam libur panjang Idul Fitri 2018.

Bank BUMN itu menyiapkan kebutuhan uang tunai sekitar Rp251 miliar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama libur panjang Lebaran.

Sebagian besar penyediaan uang tersebut dialokasikan untuk mengisi 464 ATM tarikan tunai yang ada di Bali dan untuk melayani penukaran uang pecahan kecil yang sebelumnya telah dilakukan di Central Parkir Kuta dan Lapangan Puputan Badung.

Sementara itu terkait operasional kantor cabang saat libur panjang tersebut, pihaknya akan membuka beberapa cabang di antaranya BNI Denpasar di Jalan Gajah Mada dan Terminal Domestik Bandara Ngurah Rai.

Kemudian cabang di Jalan By Pass Ngurah Rai, Kuta dan pada tanggal 19-20 Juni 2018 di cabang Renon dan Singaraja dengan layanan terbatas di antaranya setoran atau penarikan rekening rupiah pemindahbukuan antarrekening BNI dalam rupiah dan valas.

Selain itu layanan setoran BBM atau non BBM, setoran pajak (terbatas) serta transaksi kliring/RTGS sesuai kalender operasional Bank Indonesia. (*)

Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018