Mangupura (Antaranews Bali) - Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, Bali, I Wayan Adi Arnawa mengharapkan satuan polisi pamong praja (Satpol PP) setempat untuk selalu optimal dalam menegakkan Peraturan Daerah (perda) di wilayah itu.

"Kami berharap dengan kondisi Badung sebagai daerah pariwisata, Satpol PP dapat berperan penting dalam upaya menertibkan pelanggaran-pelanggaran yang ada," ujar Sekda Adi Arnawa saat menghadiri peringatan HUT ke-86 Satpol PP dan HUT ke-56 Satuan Perlindungan Masyarakat, Kamis.

Adi Arnawa mengatakan jika penegakan Perda dapat dilakukan dengan baik dan optimal, maka pemanfaatan dan penempatan ruang di wilayahnya dapat sesuai dengan aturan yang ada.

"Lebih penting lagi adalah dalam tata kelola lingkungan, apabila aturan tersebut telah ditegakkan maka akan menjadikan Badung ini daerah yang pro terhadap lingkungan. Ini perlu kami dorong karena Kabupaten Badung adalah daerah Pariwisata," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Adi Arnawa atas nama Pemerintah Kabupaten Badung juga mengapresiasi kinerja jajaran Satpol PP Kabupaten Badung dalam upaya penegakan Perda yang selama ini telah dilakukan.

Kasatpol PP Badung I Gustu Agung Ketut Suryanegara mengatakan pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan semangat dan kerjasama antara anggota Satpol PP dan Satlinmas terkait dengan penegakan Perda dan Perkada di wilayah Badung.

"Apabila penegakan aturan dapat dilaksanakan dengan optimal, kami harap ketentraman dan ketertiban umum di Badung senantiasa dapat diwujudkan, terlebih Kabupaten Badung sebagai destinasi wisata kelas dunia," kata Ketut Suryanegara.

Ketut Suryanegara menjelaskan, peringatan HUT Satpol PP tahun ini sengaja dilaksanakan di kawasan Pantai Munggu agar dapat berbaur dengan berbagai elemen pelestari lingkungan serta untuk meningkatkan jiwa korps dan kebersamaan antara anggota Satpol PP dengan Linmas.

"Kegiatan ini dapat terlaksana dengan dukungan dana APBD Kabupaten Badung serta kerjasama dari Pemerintah Desa Munggu dan tiga desa lainnya di kawasan Pantai Munggu serta dukungan optimal dari Kelompok Sadar Wisata dan berbagai pihak lain," katanya.

Sementara itu, peringatan puncak perayaan HUT Satpol PP dan Satlinmas tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Sekda Adi Arnawa. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan tukik dan penanaman pohon di kawasan pesisir Pantai Seseh Munggu. (WDY)

Pewarta: Fikri Yusuf

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018