Amlapura (Antaranews Bali) - Kabupaten Karangasem, Bali, resmi mencanangkan kampanye imunisasi Japanes Encephalitis (JE) di Gedung UKM Center, Amlapura, Karangasem, Bali, Senin.

"Tujuan kampanye imunisasi JE ini adalah untuk memutus rantai penularan penyakit JE di Provinsi Bali pada umumnya dan khususnya di wilayah Kabupaten Karangasem," ujar Kepala Dinas Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama.

Ia menjelaskan, imunisasi JE perlu dilakukan karena Bali termasuk daerah endemis penyakit JE karena dari 43 kasus positif JE di Indonesia, sekitar 17 kasus dilaporkan terjadi di Bali.

"Belum ada obat untuk radang untuk virus JE, tingkat kematian dan kecelakaan akibat virus JE cukup tinggi dan memang pencegahan yang paling efektif untuk virus JE adalah imunisasi," katanya.

Secara teknis, pelaksanaan kampanye JE diantaranya bahwa imunisasi diberikan dengan cara penyuntikan dengan dosis pemberian 0,5 ml vaksin JE kepada sasaran yang sehat saat pelaksanaan oleh petugas kesehatan.

"Jadwal pelaksanaan disusun oleh Puskesmas berkoordinasi dengan pihak sekolah dan Kepala Lingkungan. Pelaporan akan dilakukan setiap hari secara berjenjang dari Puskesmas ke Kabupaten dan dari Kabupaten ke Provinsi, Selanjutnya provinsi juga akan melaporkan ke Pusat," katanya.

Ia menambahkan, jumlah sasaran pada pelaksanaan kampanye imunisasi JE di wilayah Karangasem sebanyak 105.275 orang dengan umur 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun.

"Hal tersebut dilakukan karena 89 persen kasus JE di Indonesia terjadi pada kelompok umur kurang dari 15 tahun," katanya.

Sementara itu,?Sekda Kabupaten Karangasem I Gede Adnya Mulyadi, menyatakan, kampanye imunisasi JE tersebut merupakan bagian dari perjuangan besar para ahli dibidang kesehatan dan pemerintah untuk mengendalikan penyakit JE.

"Dengan imunisasi JE, kami berharap dapat menciptakan generasi sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas dan bebas dari sakit maupun cacat tubuh akibat penyakit JE, khususnya di wilayah Karangasem," katanya.

Sesuai arahan bupati,?ia meminta seluruh jajaran pemerintah daerah untuk dapat menggerakkan masyarakat agar semua anak di Kabupaten Karangasem datang ke Pos Pelayanan Imunisasi terdekat untuk memperoleh imunisasi JE. (ed)

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018