Gianyar,  (Antaranews Bali) - Wakil Bupati Anambas, Kepulauan Riau, Wan Zuhendra, mengunjungi rumah kompos di Desa Padang Tegal, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali untuk mempelajari tata kelola sampah yang dilakukan desa setempat untuk mengurangi jumlah sampah mengalir ke pantai.

"Kadis Lingkungan Hidup Gianyar Kujus Pawitra mendampingi Wabup Wan Zuhendra untuk meninjau langsung bagaimana tata cara pengelolaan sampah yang dilakukan di Gianyar, khususnya di Desa Padang Tegal," kata Pj Bupati Gianyar Ketut Rochineng dalam keterangan pers yang diterima di Gianyar, Senin.

Dalam kunjungan di Rumah Kompos Desa Padang Tegal, Kecamatan Ubud itu, Wan Zuhendra diperkenalkan dengan metode penyaringan sampah yang dilakukan desa untuk mengurangi jumlah sampah mengalir ke pantai melalui sungai.

Kadis Kujus Pawitra menjelaskan sampah yang banyak terdapat di pantai bukan hanya disebabkan oleh air pasang atau sampah yang memang bersumber dari hulu, namun kebanyakan sampah datangnya dari hulu dan berkumpul di hilir (pantai).

Menurut dia, arah pengelolaan sampah ke depan adalah pengelolaan terpadu mandiri pedesaan karena pada dasarnya sampah merupakan permasalahan yang sulit, namun jika sampah dikelola dengan baik akan menjadi sumber pendapatan.

Tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Gianyar sudah memberikan armada truk kepada beberapa desa pakraman (desa ada) yang tujuannya adalah pola penanganan sampah seperti Desa Padang Tegal, untuk mengurangi sampah yang tidak terurus mulai tingkat desa dengan melibatkan pemerintah, swasta, dan masyarakat.

"Penanganan sampah harus dilakukan dengan sistem jemput bola artinya menangani masalah dengan mencari sumber masalahnya, misalnya dari rumah tangga sampah harus dipisahkan antara sampah organik dan non organik agar petugas mudah mengangkutnya dan sampah organik dapat diolah menjadi kompos yang diharapkan ke depannya dapat membantu petani," katanya.

Rencananya, ia juga akan mengajak Wabup Wan Zuhendra mengunjungi TPA Temesi.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Kabupaten Gianyar Ketut Rochineng menerima kunjungan Wakil Bupati Kabupaten Anambas Kepulauan Riau dengan didampingi Sekda Kabupaten Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya Bersama Kadis Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar Wayan Kujus Pawitra di Ruang Rapat Bupati. 

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018