Amlapura (Antaranews Bali) - Bupati Karangasem, Bali I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan, kondisi wilayahnya kini mengalami bencana erupsi Gunung Agung, menyebabkan minat dan kepercayaan pemilik modal untuk berinvestasi dalam berbagai bidang usaha mengalami penurunan.

"Oleh sebab itu berbagai upaya dan terobosan telah dilakukan antara lain memperbaiki iklim penanaman modal dan pengembangan infrastruktur," kata Bupati I Gusti Ayu Mas Sumantri ketika bertindak sebagai inspektur upacara pada apel disiplin aparatur sipil negara di Lapangan Tanah Aron, Senin.

Ia mengatakan, pengembangan infrastruktur tersebut antara lain rencana pembentukan Mall pelayanan Publik yang diharapkan bisa terealisasi awal bulan Maret 2018, memberdayakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan koperasi, pemberian fasilitas serta meningkatkan promosi bidang penanaman modal.

Demikian pula dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Karangasem memerlukan sinergitas seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dalam memaksimalkan pengelolaan seluruh potensi yang ada sesuai tugas dan kewenangan masing-masing.

Dengan keterpaduan seluruh langkah organisasi perangkat daerah akan mampu meningkatkan penerimaan daerah dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan maupun PAD lain-lain yang sah.

Bupati Ayu Mas Sumantri menjelaskan, salah satu kebijakan untuk meningkatkan penerimaan pajak daerah, sedang berupaya mengembangkan sistem daring pajak daerah, untuk mempermudah wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan.

Upaya itu sekaligus mengintensifkan penerimaan pajak daerah melalui pengawasan yang lebih efektif dan efisien, sehingga mampu meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah dan mempercepat transaksi non tunai di daerah ini, sekaligus aksi pencegahan dan pemberantasan Korupsi.

Pemkab Karangasem menetapkan kebijakan pembayaran dengan transaksi non tunai. Implementasi transaksi non tunai dilakukan melalui pendebetan rekening Bendahara melalui "Cash Management Sistem berbasis Internet Banking" yang dikembangkan oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali selaku pemegang kas umum daerah secara bertahap, ujar Bupati Ayu Mas Sumantri.  (WDY)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018