Negara (Antaranews Bali) - Pemerintah Kabupaten Jembrana, Bali, melanjutkan penataan wilayah Kelurahan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana sebagai objek wisata sekaligus pintu gerbang Pulau Bali, yakni membangun patung makepung, yang merupakan atraksi pacuan kerbau khas daerah ini di Gilimanuk.

"setelah Taman Dewa Siwa, pembangunan patung makepung menjadi bagian dari desain besar Pemkab Jembrana untuk menata kawasan Gilimanuk, baik sebagai objek wisata maupun ciri khas saat orang masuk ke Bali," kata Bupati Jembrana I Putu Artha saat mengecek pelaksanaan pembangunan patung makepung, Jumat.

Ia mengatakan, dengan adanya arsitektur maupun penanda seperti patung tersebut, setiap orang yang sampai di Gilimanuk bisa langsung merasakan suasana Bali.

Selain pembangunan fisik, ia mengatakan, pihaknya sedang menggagas kerjasama dengan operator seluler yang otomatis akan mengirimkan pesan singkat ke telepon seluler setiap orang yang masuk ke Bali.

"Jadi begitu masuk ke Bali akan langsung mendapatkan pesan singkat lewat ponsel masing-masing berisi informasi objek-objek wisata di Kabupaten Jembrana," katanya.

Dengan menggunakan teknologi informasi, ia berharap, wisatawan tidak hanya melintas di Kabupaten Jembrana tapi juga singgah di objek-objek wisata daerah ini seperti Teluk Gilimanuk, Kebun Raya Jagatnatha dan lain-lain.

Khusus untuk patung makepung yang dilengkapi taman, ia minta lampu hias yang terpasang dilengkapi dengan pengaman, sehingga tidak menjadi sasaran ulah tangan-tangan jahil.

Sementara saat di Teluk Gilimanuk, ia memerintahkan dinas terkait untuk segera memperbaiki lantai kayu dermaga yang rusak agar tidak menjadi citra buruk saat wisatawan datang ke objek wisata tersebut. (*)

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018