Semarapura (Antaranews Bali) - Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali, merangkul para akademisi dari berbagai bidang untuk berperan serta dalam mempercepat pembangunan menyangkut berbagai aspek kehidupan, khususnya meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan.

"Hal itu untuk memaksimalkan pelaksanaan visi misi Kabupaten Klungkung menuju unggul dan sejahtera," kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam siaran Pers yang diterima Antara di Denpasar, Kamis.

Ketika mengadakan rapat koordinasi dengan para akademisi yang selama ini berperanserta mempercepat pembangunan Klungkung, Ia mengatakan, para akademisi dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta itu yang dirangkul untuk berperanserta membangun itu umumnya berasal dari wilayah Kabupaten Klungkung.

Bupati Suwirta yang didampingi Sekda Klungkung, I Gede Putu Winastra dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas keterlibatan para akademisi untuk memberikan masukan menyangkut berbagai hasil dalam memacu pembangunan Klungkung.

Kehadiran para akademisi menunjukkan bahwa mereka yang berasal dari wilayah Kabupaten Klungkung juga menginginkan kabupaten klungkung dapat mempercepat pembangunan dari berbagai bidang untuk menuju Klungkung unggul dan sejahtera.

Bupati Suwirta juga memaparkan program-program yang sudah dilaksanakan selama empat tahun kepemimpinannya bersama Wakil Bupati I Made Kasta serta hasil yang sudah diperoleh.

Melalui rapat kerja yang khusus melibatkan para akademisi yang selama ini ikut membangun wilayah Kabupaten Klungkung dapat memberikan ruang para akademisi sekaligus memberikan masukan dan ikut berpartisipasi untuk mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten klungkung.

"Kami mengundang bapak dan ibu para akademisi untuk duduk bersama, memberikan masukan untuk bersama-sama membangun Klungkung ke depan," ujar Bupati Suwirta.

Para akademisi mengapresiasi langkah yang diambil Bupati Suwirta dengan mengundang para akademisi untuk duduk bersama memberikan ruang guna memberikan masukan-masukan untuk pembangunan di Kabupaten Klungkung.

Dekan Fakultas Teknik Universitas udayana, Ngakan Suardana mengaakan, pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan Bupati Suwirta dengan melibatkan para akademisi untuk bersama-sama membangun klungkung.

"Saya apresiasi sekali langkah bupati Klungkung yang sudah mengundang kami (akademisi), memberikan wadah partisipatif untuk menampung masukan dalam pembangunan kabupaten klungkung ke depan," kata Ngakan Suardana

Ia juga memberikan apresiasi atas inovasi-inovasi yang ddilakukan Bupati klungkung seperti "smart city" dan pengolahan sampah untuk menghasilkan energi terbarukan atau tempat olah sampah setempat (TOSS).

Ia mengharapkan ke depan dengan melibatan para akademisi dapat mengembangkan teknologi yang menghasilkan energi terbarukan. ?Kami punya 335 dosen dari semua program studi fakultas teknik, manfaatkan itu dan kami siap mendukung,? ujarnya.

Hal senada juga disampaikan I Wayan Subrata, dosen Universitas Hindu Denpasar, bahwa pihaknya mengapresisi inovasi-inovasi maupun program-program yang sudah dicetuskan Bupati Suwirta.

Salah satunya program yang sesuai dengan misi Kabupaten Klungkung yakni penguatan dan peningkatan eksistensi adat budaya Bali melalui kegiatan Festival Nusa Penida dan Festival Semarapura.

"Melalui kegiatan tersebut selain melestarikan budaya khususnya di klungkung, juga mampu menjadi daya tarik pariwisata," ujar I Wayan Subrata.  (WDY)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017