Denpasar (Antaranews Bali) - Seorang atlet angkat berat difabel asal Bali Ni Nengah Widiasih mengincar medali emas pada kejuaraan Asian Para Games (APG) 2018 di Jakarta pada Oktober 2018.

"Saya ingin mewujudkan harapan saya untuk meraih medali emas, ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018 di Jakarta," katanya disela sosialisasi olahraga APG 2018 di Denpasar, Minggu.

Meski memiliki keterbatasan fisik, ia tak akan menyerah untuk mewujudkan harapan meraih prestasi di cabang olahraga tersebut.

Widiasih menuturkan kisah hidup keluarganya, bahkan ia sempat "melawan" orang tuanya ketika harus meninggalkan kampung halaman di Desa Kubu, Kabupaten Karangasem untuk mengikuti kejuaraan di Solo, waktu itu.

"Ayah saya sempat melarang pergi, tapi saya tetap ngotot hingga akhirnya diberikan. Bahkan orang tua saya memberikan motivasi agar menjadi juara dalam setiap kejuaraan," ujarnya.

Kehadiran Widiasih dalam olahraga angkat berat sebenarnya secara tak sengaja. Ketika itu baru duduk di kelas V SD. Karena sering melihat kakaknya berlatih angkat berat, ia perlahan mulai tertarik.

Apalagi saat itu, ada pelatih yang begitu semangat membantunya. Bahkan, sang pelatih bernama Ketut Wija paling banyak memotivasinya untuk berlatih olahraga tersebut.

"Tiap hari saya sudah ditunggu di rumah untuk diajak latihan. Bahkan nyaris setiap hari dilalui tanpa latihan. Ketika duduk di kelas satu SMP saya sudah ikut kejuaraan," ujar wanita kelahiran 12 Desember 1989 itu.

Pada kejuaraan untuk para atlet difabel tingkat Asia Tenggara (ASEAN Para Games) di Thailand, Widiasih meraih medali perunggu.

Pada ajang ASEAN Para Games berikutnya di Kuala Lumpur, ia meraih medali perak. Di dalam negeri, ia langganan medali emas seperti pada kejuaraan atlet difabel di Solo dan Bali. Konsisten, Widiasih berjuang di kelas 41 kilogram atau 45 kg.

"Sekarang saya concern di kelas 45 kg. Karena tak harus diet makan. Apalagi kekuatan lawan (atlet China) kebanyakan bermain di kelas itu," ucapnya.

Di tingkat Asia, nama Widiasih menjadi perhitungan. Pada Asian Para Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, sukses menyabet medali perak untuk angkatan 93 kilogram. Pada Kejuaraan Dunia Angkat Berat di Dubai pada 2016 meraih perunggu dan di Rio de Janeiro berhasil untuk pergelaran Paralimpiade 2016, ia meraih perunggu. (*)

Pewarta: Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017