Denpasar (Antaranews Bali) - Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (KJRRT) di Denpasar kembali menyerahkan bantuan atau sumbangan untuk para pengungsi Gunung Agung, Kabupaten Karangasem yang akan disalurkan melalui Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Bali.

"Kami berharap dengan bantuan kepada para pengungsi yang sedang menghadapi kesulitan ini, mereka akan dapat merasakan kehangatan dan simpati dari masyarakat Tiongkok. Semoga hubungan persaudaraan Tiongkok dan Indonesia semakin erat dan kukuh," kata Penjabat Konsul Jenderal RRT di Denpasar Chen Wei, disela-sela penyerahan secara simbolis bantuan tersebut di Kantor PHDI Bali, Denpasar, Jumat.

Konsulat Jenderal RRT di Denpasar menyerahkan sumbangan berupa barang kebutuhan sehari-hari seperti beras, sabun mandi, deterjen, shampoo, pulpen, buku tulis dan selimut dengan total bantuan mencapai lebih dari Rp600 juta.

"Kami juga ingin menyampaikan bahwa dua hari yang lalu, Konjen Hu Yinquan telah menyelesaikan masa jabatan dan kembali ke Tiongkok. Demi memberikan lebih banyak bantuan, Konjen Hu Yinquan sampai membatalkan kegiatan perayaan HUT ke-3 KJRRT di Denpasar dan acara resepsi perpisahannya," ujar Chen Wei.

Selanjutnya dari anggaran yang dihematkan digunakan membelikan lebih banyak barang-barang kebutuhan hidup bagi para pengungsi di daerah rawan bencana.

Sumbangan yang diserahkan tersebut merupakan sumbangan untuk kedua kalinya, setelah gunung itu sejak 22 September 2017 mengalami peningkatan status vulkanik.

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Bali Prof Dr I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikan ucapan terima kasih atas dipercayanya PHDI Bali untuk menyalurkan bantuan kepada pengungsi Gunung Agung dari Konsulat Jenderal RRT di Denpasar.

"Dalam penyaluran bantuan ini, kami akan melibatkan berbagai komponen seperti Majelis Utama Desa Pakraman, Majelis Madya Desa Pakraman, Peradah, KMHDI dan sebagainya," ujarnya.

Bantuan yang diserahkan tersebut, menurut Sudiana akan sangat berguna bagi para pengungsi dan memang benar-benar dibutuhkan. "Oleh karena itu, kami sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan dengan ikhlas ini," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha mewakili Gubernur Bali juga sangat mengapresiasi kepedulian Konjen Tiongkok terhadap para pengungsi Gunung Agung dan bantuan yang diberikan tersebut akan sangat berarti bagi pengungsi.

"Hubungan baik yang selama ini sudah terjalin dengan baik hendaknya terus dipelihara, bahkan bisa ditingkatkan, apalagi selama ini juga telah terjadi akulturasi budaya antara Bali dan Tiongkok," ucapnya.

Dewa Beratha pun meminta kepada Konjen Tiongkok agar turut menyampaikan informasi kepada warga negaranya bahwa Bali masih aman dikunjungi, meskipun terjadi erupsi Gunung Agung. (*)

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017