Denpasar (Antara Bali) - Pengurus baru Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Bali periode 2016-2020 dilantik oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bali, Ketut Suwandi.

"Pelantikan Pengurus PDBI Bali masa bakti 2016-2020 ini sesuai dengan surat keputusan dari PDBI Pusat untuk kemudian proses pelantikan dilimpahkan kepada KONI Bali," kata Ketut Suwandi di Denpasar, Bali, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada unit-unit drum band terutama yang berada di Kota Denpasar mulai di tingkat PAUD hingga universitas. 

"Juga segera akan diadakan konsolidasi ke seluruh kabupaten dan kota di Bali di mana keberadaan olahraga Drum Band ini diharapkan dapat memberi kemanfaatan bagi masyarakat serta tujuan kami dalam mempopulerkan olahraga tersebut, yaitu menghilangkan kesan bahwa drum band adalah olahraga mahal," ujarnya. 

Ketut Suwandi lebih lanjut mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan PDBI Pusat agar kegiatan drum band berskala nasional maupun internasional dapat diselenggarakan di Bali. Selain bertujuan sebagai pembinaan atlet, dapat berperan dalam mempromosikan pariwisata Bali.

Sementara itu Ketua Umum PDBI Bali IGN Eddy Mulya mengatakan, perkembangan olahraga drum band di Kota Denpasar sangat bergairah dan menjanjikan, mulai dari tingkat PAUD hingga perguruan tinggi. 

Maka dari itu, kata dia, salah satu fokus dari PDBI Bali saat ini terlebih dulu mengembangkan kepengurusan PBDI Kota Denpasar, karena melihat perkembangan yang baik dari olahraga Drum Band di Kota Denpasar dibandingkan daerah lain di Bali. 

"Unit-unit drum band di Kota Denpasar juga telah menggelar berbagai macam kegiatan. Mengenai pembinaan di Kota Denpasar, selain juga telah dlaksanakan di internal unit drum band di Kota Denpasar," ujarnya.

Ia mengatakan ke depan melalui pengurus PBDI baik, di tingkat Provinsi maupun PBDI Kota Denpasar bersama unit yang ada akan menetapkan semacam standarisasi pembinaan yang berkelanjutan. 

"Ke depan kami berharap Kota Denpasar dapat menjadi barometer olahraga drum band di Bali karena melihat potensi serta perkembangan yang signifikan dari olahraga ini di Denpasar," katanya. (WDY)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017