Denpasar (Antara Bali) - I Bagus Alit Sucipta dilantik menjadi Ketua Lembaga Dewan Pendekar Persatuan Seni Pencak Silat (PSPS) Bakti Negara Pusat, untuk menggantikan I Bagus Alit Dira yang telah almarhum beberapa waktu lalu.

I Ketut Rina selaku Ketua Koordinator Dewan Pertimbangan Lembaga Pendekar PSPS Bakti Negara yang resmi mengukuhkan Ali Sucipta di Pura Wiyata Mandala Pusat Bakti Negara Bali, Desa Ubung Kaja, Denpasar, Minggu, juga memasang sabuk putih sebagai sabuk tertinggi pendekar PSPS Bakti Negara.

"Bakti Negara sebagai warisan budaya pencak silat asli Bali tetap berkomitmen untuk meningkatkan prestasi-prestasi dibidang pencak silat dimasa mendatang," ujar Alit Sucipta.

Ia mengatakan, terpilihnya sebagai pemimpin PSPS Bakti Negera sebagai amanat dirinya untuk membangun seni pencak silat ke depannya lebih baik.

"Saya mengharapkan tokoh-tokoh atau para pendekar Bakti Negara terus menjalin kerjasama untuk membesarkan nama pencak silat asli Bali, dengan berkontibusi memberikan sumbang pikiran dalam pengembangan prestasi para atlet di Bakti Negara," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta yang juga selaku Ketua Umum DPD PSPS Bakti Negara Bali mengapresiasi atas pengukuhan yang telah dilakukan tersebut.

"Bakti Negara adalah pencak silat asli Bali, dan patut untuk kita pertahankan dan bila perlu dikembangkan," katanya.

Hal ini merupakan bagian dari kebudayaan dan seni dari Bali, maka itu harus ada regenerasi dalam memimpin lembaga ini. "Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada I Bagus Alit Sucipta yang telah dikukuhkan sebagai Ketua Lembaga Dewan Pendekar PSPS Bakti Negara Pusat menggadikan ayahnya yang telah almarhum," ujarnya.

Ia mengberharap Bakti Negara semakin eksis dan dapat banyak menorehkan prestasi baik ditingkat regional mapun internasional sehingga dapat pengharumpakn nama Bali dan lembaga PSPS Bakti Negara. (WDY)

Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017