Sebagai pemain baru sejak bulan Oktober 2017, Fame Hotel Sunset Road Kuta-Bali mulai melakukan pengurusan klasifikasi kategori hotel hingga akhirnya kini resmi beroperasi dengan pelayanan hotel bintang 3 terhitung sejak Jumat, 17 November 2017.  Kategorisasi atau klasifikasi hotel itu menentukan kualitas pelayanan dan persaingan harga.

"Proses dimulai dari pengajuan ke LSU Perhotelan di Bali yang memakan waktu kurang lebih satu bulan. Dilanjutkan dengan proses audit yang meliputi seluruh aspek di semua departemen hotel. Audit dilakukan sebagai langkah klarifikasi kategori yang diajukan sudah sesuai dengan standar atau belum," kata HC Manager Fame Hotel Sunset Road, Kuta-Bali, S. Hadi Putra.

Dalam proses audit yang berlangsung selama dua hari itu, hotel yang terletak di Sunset Road tersebut mendapat beberapa masukan untuk segera diperbaiki dengan jangka waktu maksimal satu bulan dan hal tersebut dapat segera terpenuhi sehingga proses audit hanya memakan waktu dua hari.

Menurut Coach Putra, proses klasifikasi ini bisa dibilang cukup cepat, hanya lebih kurang dua bulan, karena kelengkapan administrasi serta kesiapan seluruh departemen pada saat audit sehingga tidak diperlukan waktu lama untuk akhirnya Fame Hotel Sunset Road, Kuta-Bali mendapatkan sertifikat pengakuan kategori hotel bintang 3.

Pengangkatan kategori ini juga memberikan dampak besar dalam penjualan produk hotel. Anggara Dharma selaku Director of Sales Fame Hotel Sunset Road, Kuta-Bali mengakui  bahwa dengan diakuinya Fame Hotel sebagi hotel bintang 3 akan memberikan "trust" ​kepada agen perjalanan.

"Kebanyakan dari para agen perjalanan juga menanyakan legalitas kategori sebuah hotel agar kategorisasi tersebut tidak hanya agar mereka bisa jual harga kamar tinggi saja tapi tidak disertai dengan kualitas pelayanan dan produk yang sesuai," ungkap Coach Angga.

"Jadi dengan adanya sertifikasi ini, team sales semakin percaya diri dalam berjualan," tambahnya.

Seluruh crew dan fans Fame Hotel Sunset Road, Kuta-Bali meyakini kenaikan kategori bintang ini akan memberikan dampak yang positif dan semoga dapat terus menjaga kualitas pelayanan hingga akhirnya mampu mencapai target sebagaimana harapan yang diungkapkan Evriansyah selaku General Manager Fame Hotel Sunset Road, Kuta- Bali. (*)

Pewarta:

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017