Denpasar (Antara Bali) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggandeng komunitas atau pelaku bisnis muda yang tergabung dalam "Co-Working Space" di Bali untuk mendorong pertumbuhan wirausaha baru sehingga dapat mendongkrak ekonomi masyarakat.

"Kami mengambil banyak peran dalam membantu perkembangan komunitas," kata Wakil Pemimpin Regional BRI Bali dan Nusa Tenggara Yoyok Mulawarman di Denpasar, Jumat.

Menurut Yoyok, pihaknya memiliki tiga peran dalam mendorong pertumbuhan wirausaha komunitas yakni membantu mempertemukan anggota komunitas untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman dengan salah satunya dapat memanfaatkan Rumah Kreatif BUMN yang dimiliki bank BUMN itu seperti di Bali yang berlokasi di Gianyar.

Selain itu pihaknya juga menjadi mitra bersama dengan komunitas yang ada ikut membantu mengembangkan bisnis yang dimiliki anggota komunitas melalui program akselerasi dan inkubator bisnis.

Peran lainnya, lanjut dia, sebagai fasilitator dengan menyediakan produk dan layanan perbankan yang dimiliki untuk mendukung kegiatan operasional maupun usaha kreatif yang dimiliki komunitas.

Begitu juga dengan kehadiran wirausaha perintis yang kini makin banyak bermunculan sebagai potensi yang besar untuk diadakan kerja sama di antaranya kemitraan digital melalui program aplikasi hingga mendukung kegiatan komunitas seperti melalui "coworking festival 2017" sebagai wahana adaptasi dengan ekosistem usaha rintisan.

"Co-Working Space" menjadi salah satu tren baru di kalangan anak muda sebagai komunitas bisnis baru di Indonesia.

Wadah itu menyediakan fasilitas untuk berkumpul dan berkomunikasi bagi para komunitas dengan masing-masing keahlian yang dimilikinya sehingga terbentuk jaringan yang saling menguntungkan.

Hal itu, lanjut dia, secara tidak langsung telah mendukung para pengusaha kreatif baik dalam membangun model bisnis termasuk memperluas saluran distribusi baik melalui jaringan ekosistem yang ada maupun media sosial.

"Dengan demikian itu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia karena telah menghasilkan wirausaha baru di industri kreatif baik yang berbasis informasi teknologi (IT) maupun non-IT," ucapnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017