Jakarta (Antara Bali) - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi menyambut kapal layar latih tiang tinggi KRI Bima Suci di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis pagi.

Siaran pers yang diterima di Jakarta, KRI Bima Suci tiba di Jakarta disambut pendahulunya KRI Dewa Ruci di tenggara Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Kemudian, KRI Dewa Ruci pun tepat berhadapan dengan KRI Bima Suci. Kedua kapal layar latih tiang tinggi pun saling memberikan penghormatan parade lambung.

Usai prosesi penghormatan parade lambung, KRI Dewa Ruci pun bergerak memandu KRI Bima Suci menuju Dermaga JICT II, untuk menjalani proses sandar di dermaga tersebut.

Tepat pukul 08.30 KRI Dewa Ruci sandar di dermaga dan disambut atraksi drum band siswa siswi SMP Hang Tuah 2. Berselang sekitar 30 menit kemudian KRI Bima Suci pun sandar di dermaga yang sama untuk menjalani upacara penyambutan.
   
Kedatangan kapal kelas layar latih Barque itu disambut atraksi sendratari bertajuk "Bima Suci" oleh Sanggar Tari Sasana Budaya.

Menhan Ryamidard Ryacudu dalam pidato sambutannya mengatakan, pembangunan kapal layar latih ini memang dasarnya direncanakan untuk meneruskan tradisi keperkasaan, ketangguhan, dan kejayaan KRI Dewaruci yang saat ini telah genap berusia 64 tahun.  
  
KRI Dewaruci, kata Menhan, telah mengukir prestasi, di antaranya pelayaran muhibah keliling dunia pada tahun 1964 dan tahun 2012, serta berbagai prestasi lainnya pada festival kapal layar latih internasional, di benua Asia, Australia, Amerika, dan Eropa.(WDY)

Pewarta: Syaiful Hakim

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017