Denpasar (Antara Bali) - Nokia meluncurkan aplikasi "ovie life tools" (OLT) terbaru berupa layanan kesehatan menggunakan terknologi informasi di Denpasar, Bali Sabtu.

"Tujuan layanan kesehatan terbaru dari Nokia Life Tools itu adalah membantu keluarga di seluruh Indonesia, khususnya di Pulau Dewata," kata Market Product Manager Nokia Indonesia Irwan Hermawan, di sela-sela acara perkenalan aplikasi tersebut di Denpasar, Sabtu.

Dia mengatakan, selain itu juga guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pemanfaatan teknologi informasi. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut semua pengguna produk telepon pabrikan asal luar negeri itu bisa mengakses secara mudah dan terjangkau tentang informasi kesehatan.

Layanan kesehatan tersebut menyediakan tips kesehatan, mulai dari informasi seputar kehamilan, anak, kesehatan dan olahraga serta informasi umum tentang penyakit.

"Diperkenalkannya aplikasi kesehatan itu, didasari oleh kesuksesan dari tiga layanan OLT sebelumnya, yakni pertanian, pendidikan dan hiburan," ujarnya.

Irwan menjelaskan, keberhasilan tiga layanan itu adalah cukup banyak diakses atau digunakan oleh para pengguna Nokia di seluruh Tanah Air.

Berdasarkan data yang diperolehnya, tambah dia, sebanyak dua juta pengguna telah menggunakan tiga aplikasi OLT yang diluncurkan sejak 2009.

"Aplikasi yang terbanyak digunakan adalah tentang layanan pendidikan dengan jumlah pengguna yang menggunakannya sebanyak 1,2 juta orang," ujarnya.

Sedangkan di urutan selanjutnya yang cukup banyak dimanfaatkan informasinya, yakni layanan pertanian dengan jumlah pengguna sebesar 600 ribu orang.

Pada layanan pendidikan tersebut, yang biasa memanfaatkan adalah para pengguna di kalangan pelajar yang menggunakan untuk belajar bahasa Inggris.

Selain itu, para pelajar tersebut ada juga memanfaatkan aplikasi pendidikan untuk persiapan menghadapi ujian sekolah, sebab dalam OLT tersedia pembahasan berbagai mata pelajaran dari tingkat SMP sampai SMA.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011