Surabaya (Antara Bali) - Hazmi "Srondol" Fitriyasa, penulis novel humor "Srondol Gayus ke Italy", mendapatkan penghargaan sebagai profesional muda inspiratif dari perusahaan telekomunikasi Indosat, beberapa waktu lalu.

"'Tagline' novel saya, yakni 'humor cerdas ala kantor' ternyata dianggap sejalan dengan konsentrasi pasar Indosat Mobile yang membidik kalangan karyawan kantor, pebisnis dan para professional muda yang aktif, cerdas, dan enerjik," kata Hazmi dalam siaran persnya di Surabaya, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa kehadiran novel Srondol Gayus ke Italy pada pertengahan April 2011, ikut meramaikan pasar novel Indonesia. Novel bergender humor yang mengisahkan aksi kocak, romantis, dan menegangkan seputar petualangan empat karyawan kantor yang ditugaskan ke Italia ini, sudah berada di rak "best seller" toko buku Gramedia hanya dalam rentang waktu sebulan.

"Edisi perdana yang dicetak 6.000 eksemplar sudah habis di pasaran karena ternyata banyak dicari oleh pembaca. Karena stoknya habis, maka novel ini dicetak kembali untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata lulusan Teknik Elektro Univeritas Mercu Buana itu.

Selain itu, katanya, setelah diluncurkan di Istituto Italiano Di Cultura, Kedubes Italia, di Jakarta pada 14 April lalu, novel ini  kembali dibahas dalam beberapa acara talkshow, seperti di Gramedia Pejaten Village Jakarta, Radio D 103,4 FM Jakarta, dan B-Radio 95,6 FM Bandung.

Bedah novel di Gramedia Pejaten Village pada 14 Mei dihadiri oleh blogger kompasiana dan pengunjung toko buku itu serta menghadirkan perancang busana Lenny Agustin sebagai bintang tamu.

Acara tersebut membahas teknis penulisan buku dan alur cerita. Sementara di Radio D 103,4 FM Jakarta pada 22 Mei , membahas seputar sisi sosial dan budaya masyarakat Italia.

Bercerita mengenai seluk-beluk menulis novel, ayah dua anak, ini mengaku sering memanfaatkan teknologi komunikasi sebagai sarana menulis dan memubliksaikan novelnya itu.

Bahkan di luar dugaan, cerita bab satu dalam novel ini ditulis di kereta api listrik (KRL) jurusan Bekasi-Jakarta dengan menggunakan Blackberry Indosat dan dipublikasikan di sosial media kompasiana.com.

Novel tersebut ditulis oleh Hazmi yang berasal dari Semarang, Jateng, ini dengan tujuan untuk berbagi pesan atau bahkan sindiran secara efektif dan tanpa benturan lewat cerita humor.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011