Tabanan (Antara Bali) - Objek wisata Alas Kedaton yang mengoleksi ratusan ekor kera di Desa Kukuh, Kabupaten Tabanan, Bali menjadi sasaran kunjungan masyarakat setempat maupun wisatawan selama tiga hari liburan Hari Raya Galungan.

"Pengunjung dalam tiga hari itu setiap hari mencapai sekitar seribu orang," kata Ketua Badan Pengelola DTW Alas Kedaton, Wayan Semadi, Jumat.

Ia mengatakan, khusus pada Umanis Galungan (2/11) sehari setelah Hari Raya Galungan sebanyak 2.200 lembar tiket masuk khusus untuk pengunjung masyarakat lokal habis terjual.

Jumlah kunjungan pada hari raya itu meningkat sekitar 15 persen dibanding hari-hari biasa. Khusus pada Hari Raya Galungan itu areal parkir penuh dengan kendaraan dan sepeda motor.

Para pengunjung terlihat ramai di empat titik yakni taman, wantilan, depan Pura Luhur Kahyangan Kedaton, dan stand foto kelelawar.

Di taman, pengunjung tampak duduk santai bersama keluarga. Sementara di wantilan ada atraksi ngelawang barong bangkung oleh pemuda di Desa Kukuh.

Semadi menjelaskan, pihaknya ke depan merancang pertunjukkan kesenian untuk menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke objek wisata itu disamping, koleksi ratusan ekor kera.

Ratusan ekor kera hidup jinak di alam bebas menjadi daya pikat tersendiri untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara maupun Nusantara ke Alas Kedaton.

Tidak jarang pengunjung baik wisatawan mancanegara maupun nusantara kemudian bercanda sambil memberikan makanan ringan terhadap satwa jenis primata itu.

Demikian pula kelelawar yang jumlahnya mencapai ribu ekor dan populasinya terus bertambah juga menambah daya tarik. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Pande Yudha

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017