Semarapura (Antara Bali) - Bupati Klungkung, Bali I Nyoman Suwirta mengharapkan generasi muda dapat dibina dengan baik untuk mencetak generasi penerus bangsa berkarakter sehingga mampu menjadi agen perubahan dalam pembangunan. 

"Membina generasi muda itu salah satu di antaranya melalui lomba keterampilan baris berbaris," kata Bupati Suwirta ketika membuka LKBB Bupati Cup IV tahun 2017 Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Klungkung, Sabtu.

Menurut Bupati Suwirta, lomba keterampilan baris berbaris (LKBB) bukan sekedar mengayunkan langkah dengan tegap, namun bagaimana para peserta mampu mengambil makna dan menjadi agen perubahan dalam pembangunan.

"Para peserta agar mampu memaknai dan menjadi agen perubahan karakter anak bangsa yang kuat," ujar Bupati Suwirta.

Bupati asal Nusa Ceningan, sebuah pulau yang terpisah dengan daratan Bali menyatakan bahwa terkait dengan hari Sumpah Pemuda tahun 2017 yang mengusung tema "Kita Berani" dimaknai bahwa semua harus berani melakukan sesuatu berdasarkan nilai-nilai luhur dari apa yang sudah dilakukan oleh para pendahulu, terutama tokoh-tokoh Hari Sumpah Pemuda. 

"Lakukan langkah-langkah yang baik untuk mengenang jasa-jasa pendahulu kita dan maknai selalu perjuangan beliau terutama tokoh Hari Sumpah Pemuda," harapnya.

Ketua Pelaksana LKBB, Bhujangga Alam Kusuma Ratmaja melaporkan kegiatan tersebut untuk membentuk pendidikan karakter generasi muda melalui pengimplementasian lomba keterampilan baris berbaris.

Selain itu untuk mambangun titik awal lintas informasi dan komunikasi generasi muda. LKBB tahun 2017 diikuti siswa tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK se-Kabupaten Klungkung.

"Melalui lomba ini kita bangun generasi pemuda yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme berlandaskan kebhinekaan," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Sentana

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017