Amlapura (Antara Bali) - Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Bali bekerjasama dengan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Karangasem menggelar klinik kesehatan, khususnya pemeriksaan IVA dan Sadanis/Mamografi untuk mewujudkan wanita sehat bebas kanker dan mencegah deteksi dini.

Kegiatan dalam memperingati Hari Kanker Internasional sekaligus deteksi dini wujudkan wanita Indonesia bebas kanker serviks dan payudara, dihadiri ratusan wanita, ibu rumah tangga di Puskesmas 1 Manggis kecamatan Manggis, Selasa.

Ketua Panitia kegiatan tersebut Ayu Wiratini Sucitrawan melaporkan, kegiatan sosial itu dilaksanakan, karena tingginya penderita kanker serviks yakni mencapai 12,7 juta orang di Indonesia dan merupakan pembunuh perempuan tertinggi di nusantara.

Setiap tahun di Indonesia terdapat sekitar 15.000 kasus kanker serviks yang perlu mendapat penanganan secara serius dan peranserta dari semua pihak.

Pelaksanaan bakti sosial test IVA dan sadanis sebagai upaya mewujudkan wanita Indonesia bebas kanker serviks dan kanker payudara, sekaligus membantu masyarakat khususnya wanita usia dewasa di Kabupaten Karangasem untuk mendeteksi secara dini dan melakukan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya kanker serviks dan kanker payudara.

Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa dalam acara yang dihadiri Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Jaya Kesuma SH,MH dan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Ida Bagus Nyoman Wismantanu memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut dilaksanakan di Kabupaten Karangasem.

Kegiatan deteksi dini kanker merupakan bagian dari gerakan masyarakat hidup sehat sekaligus langkah awal untuk membangun sumber daya manusia yang sehat dan tangguh.

"saya berterimakasih dan mudah mudahaan apa yang dilakukan kepada masyarakat kami yang kini sedang mengalami kesulitan akibat status gunung agung menjadi level awas, mendapat berkah dan anugrah dari Sang pencipta,"ucap Artha Dipa.

Pihaknya memiliki keyakinan bahwa kini sedang diuji oleh Tuhan Yang Maha Esa selalu takwa kepadaNYA, melalui ketulus ikhlasan hati dalam pengabdian yang merupakan bagian dari yadnya, terlebih lagi menyentuh langsung kepada masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Karangasem mempunyai visi dan misi Bersih Cerdas dan Bermartabat Berlandaskan Tri Hita Karana dan kegiatan kali ini sangat mendukung visi dan misi tersebut dalam upaya membangun masyarakat yang sehat.

Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Jaya Kesuma SH,MH mengatakan kegiatan tes IVA merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan keliling di sejumlah daerah di Indonesia.  (WDY)

Pewarta: Pewarta: Pande Yudha

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017