Purwakarta, Jawa Barat (Antara Bali) - Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Dedy Mulyadi, mengajak Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta, untuk mengelilingi fasilitas publik di daerah setempat bersama rombongan wartawan yang tergabung dalam peserta Pekan Informasi Pembangunan (PIP) Badung.

"Semua fasilitas disini dibangun untuk membangun rasa bahagia. Tak hanya orang kaya, masyarakat kebanyakan pun bisa menikmati fasilitas yang ada," ujar Bupati Purwakarta Dedy Mulyadi kepada awak media setelah mengajak Bupati Badung berkeliling di sekitar Pemkab Purwakarta, Rabu.

Ia mengatakan, pembangunan di Kabupaten Purwakarta tidak terlepas dari dukungan masyarakatnya, karena itu pihaknya memiliki prinsip bahwa fasilitas negara harus lebih bagus dari fasilitas milik swasta.

Dalam kunjungan ke Pemkab Purwakarta tersebut, Giri Prasta juga diajak melihat fasilitas pemerintah daerah setempat yang menjadi daya tarik masyarakat, seperti Taman Air Situbuleud, Museum Wayang, Taman Film, Museum Digital Nusantara, serta gedung kesenian yang akan segera rampung dalam waktu dekat.

"Semua fasilitas publik disini boleh dikunjungi masyarakat secara gratis," ujarnya.

Fasilitas taman maupun air mancur tersebut dilengkapi dengan jaringan internet (wifi) gratis, tempat mengisi daya ulang baterai telepon seluler dan musik yang bisa dinikmati dari sela-sela taman.

Sementara itu, Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta mengaku dirinya memperoleh banyak inspirasi setelah berkunjung ke Kabupaten Purwakarta, terutama fasilitas publik yang ada di daerah tersebut mampu menjadi ajang edukasi terkait alam, manusia dan budaya yang juga akan diterapkannya di Badung.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Purwakarta, karena PIP ini sangat penting untuk studi komparasi dalam hal pembangunan. Saya mencontohkan ketika kami mengadakan PIP di Indramayu, Badung mendapat juara sebagai desa terbaik secara nasional. Hal ini karena Badung bisa memperoleh masukan dari daerah yang dikunjungi," ujarnya.

Setelah mengunjungi sejumlah taman dan museum yang ada, acara dilanjutkan dengan mengunjungi kuliner khas Purwakarta yakni Sate Maranggi.

Setelah santap siang bersama, acara ditutup dengan tukar menukar cenderamata antara Bupati Giri Prsta dan Bupati Dedy Mulyadi. Dalam acara itu, Bupati Giri Prasta yang didampingi Wakil Ketua DPRD Badung Made Sunarta dan Sekda Badung Wayan Adi Arnawa.

Acara itu juga diikuti oleh Ketua Komisi I DPRD I Wayan Suyasa, Ketua Komisi III Putu Alit Yandinata, anggota DPRD IB Sunarta dan Gede Suardika, Kepala Bappeda Made Wira Darmajaya, Kadis Pariwisata Made Badra, Asiaten I IB Yoga A. Segara. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017