Denpasar (Antara Bali) - Lazada menyelenggarakan kegiatan lokakarya yang menghadirkan beragam penjualan terbaik di Kota Denpasar, Bali sebagai bagian dari rangkaian program "roadshow #UpgradeUKM ke-11" di kota besar seluruh Indonesia.

Senior Vice President Community & Public Relations Lazarda Indonesia Achmad Alkatiri kepada Antara di Denpasar, Selasa, mengatakan kegiatan di Kota Denpasar merupakan kota keenam yang dikunjungi oleh tim Lazada setelah Kota Bandung, Makassar, Medan, Semarang, dan dan Yogyakarta.

Ia mengatakan kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah terkait pentingnya peningkatan jumlah titik pusat perekonomian baru di Indonesia untuk merangsang tingkat ekonomi dan daya beli masyarakat,

"Lazada didukung oleh Bekraf, meluncurkan program `roadshow #UpgradeUKM` ini pada awal bulan Agustus lalu. Bekerja sama dengan `Facebook dan Si Cepat`, Lazada menyapa para wirausahawan termasuk pelaku UKM di berbagai kota untuk berbagi ilmu dan kiat mengembangkan bisnis secara berjaringan atau `online`," katanya.

Program ini, kata dia, merupakan bagian dari inisiatif #KamuJugaBisa yang diluncurkan bulan Mei lalu guna menjembatani pengembangan potensi UKM lokal di Indonesia.

Alkatiri lebih lanjut mengatakan antusiasme ratusan pedagang, penjual (seller), dan pengusaha UKM kreatif di Kota Denpasar tampak jelas ketika menyimak rangkaian kegiatan lokakarya informatif dan edukatif mengenai tren belanja berjaringan, kiat sukses menjadi penjual "online" berprestasi di marketplace, tips untuk mengembangkan bisnis dan mendorong pertumbuhan, serta berbagai macam solusi untuk mengatasi tantangan berjualan "online".

"Memahami kebutuhan pelanggan dan kemajemukan Indonesia sebagai pasar adalah salah satu kunci mendasar dalam mengembangkan usaha yang kita miliki. Kami selaku para wirausahawan kreatif," ujarnya.

Selain itu, kata dia, dituntut untuk terus menerus berinovasi dalam menghasilkan atau menghadirkan produk, serta senantiasa menjaga kualitas produk dan mutu pelayanan pelanggan terhadap pelanggan dengan baik. Pada akhirnya, pelanggan yang puas akan merekomendasikan jasa atau produk ke rekan dan kerabat mereka yang lainnya.

"Melihat besarnya potensi pasar `online` Indonesia, sudah sewajarnya UKM berani mengembangkan bisnisnya ke ranah digital. Bukti nyata komitmen kami dalam mendukung UKM adalah melalui fasilitas gratis ongkos kirim, sehingga para penjual dan pedagang di berbagai daerah dapat semakin menjangkau pembeli dimana pun tanpa harus khawatir dengan biaya ongkos kirim," ucapnya.

Pada kegiatan lokakarya #UpgradeUKM hadir Leo Agung Puri Bowo Laksono. Pengusaha kreatif yang menghadirkan ragam produk kategori kesehatan dan kecantikan ini tidak hanya merupakan salah satu seller terbaik di Kota Denpasar, tetapi juga secara aktif mempromosikan pelestarian kekayaan alam khas Bali dengan rangkaian produk spa dan aromatherapy tradisional Bali.

Yakni produk lulur (body scrub), body butter, body lotion, body mist, aromatic oil, creambath spa, massage oil, foot massage oil, dan sebagainya. Toko virtual bernama Sekar Jagat diluncurkan di situs Lazada.co.id sejak September 2015, kurang lebih dua tahun melayani pesanan dari seluruh Indonesia.

"Lazada merupakan platform e-commerce terluas dan terbesar di Indonesia. Proses bergabung dengan situs Lazada sebagai seller sangatlah mudah karena semuanya dilakukan secara online. Saya sangat dibantu saat pertama kali bergabung dengan Lazada, dimana tim Lazada akan membantu upload perdana katalog produk sesuai dengan penjelasan produk yang disesuaikan dengan template dari Lazada," ucapnya.

Dengan berbekal misi untuk memperkenalkan kekayaan hasil alam khas Bali ke kancah nasional, Leo berkomitmen untuk menjadikan Lazada sebagai situs belanja andalan dalam menghadirkan rangkaian produk kesehatan dan kecantikannya.

"Mengubah pola pikir kita dari berdagang konvensional menjadi digital memang tidak mudah, tetapi Lazada, sebagai marketplace ternama di Indonesia, memberikan kesempatan dan kemudahan bagi kita untuk menjangkau konsumen yang lebih besar. Fasilitas partner support dari Lazada sangat sigap dalam menjelaskan poin penting yang tidak dimengerti oleh penjual, sehingga semuanya transparan. Lazada juga memiliki program Lazada University yang bermanfaat untuk mengajarkan hal-hal dasar hingga advanced," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017