Denpasar (Antara Bali) - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) yang didukung personel dari Badan Keamanan Laut (Bakamla), serta Pemkab Nunukan siap mengibarkan Bendera Merah Putih di perbatasan Indonesia-Malaysia, yakni Pulau Sebatik, 17 Agustus 2017.

"Panitia sudah melakukan berbagai aktivitas di salah satu pulau terdepan Indonesia di Nunukan, Kalimantan Utara sejak Minggu (13/8) lalu," kata Kasubbag Humas Bakamla RI, Kapten Marinir Mardiono, melalui siaran pers Humas Bakamla RI yang diterima Antara di Denpasar, Senin.

Ia menjelaskan aktivitas yang dilakukan panitia pusat maupun daerah itu mulai dari rapat teknis hingga pengecekan lapangan.

Rapat kesiapan akhir dilakukan di Kantor Kabupaten Nunukan yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Derah Tertentu (Sesditjen PDTU) Kemendesa PDTT selaku Ketua Panitia Pusat, Aisyah Gamawati.

"Untuk kegiatan lapangan juga telah dilakukan pengecekan lapangan hingga pengawasan langsung dan memberikan motivasi terhadap para putera-puteri terpilih sebagai Paskibra Cilik yang akan melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih di Pulau Sebatik pada 17-8-17 itu," katanya.

Menurut dia, pemeriksaan dan pemberian motivasi terhadap ratusan putera-puteri daerah tersebut dilakukan oleh Bastaman dari Direktorat Pelayanan Sosial Dasar Ditjen PPMD Kemendesa PDTT pimpinan Hanibal Hamidi yang didampingi Kasubbag Humas Bakamla, Kapten Marinir Mardiono.

Dalam kegiatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Ke-72 Republik Indonesia itu, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo akan mendampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, untuk memimpin Upacara Bendera 17 Agustus 2017 di Desa Sei Pancang, Kecamatan Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

"Bakamla mendukung program Kemendesa PDTT ini sebagai salah satu wujud sinergitas Bakamla dalam mewujudkan pembangunan yang adil dan makmur bersama instansi terkait lainnya," katanya.

Selama tiga hari sebelum dilaksanakan Upacara Bendera Peringatan Kemerdekaan Indonesia itu akan dilaksanakan kegiatan pendahuluan, yakni Bakti Sosial Kesehatan, yang bekerja sama dengan puskesmas setempat di Pulau Sebatik yang berlokasi di Desa Sei Pancang, Kecamatan Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. (WDY)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017