Denpasar (Antara Bali) - Lomba senam yang diikuti oleh para aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, memeriahkan rangkaian Hari Jadi ke-59 provinsi setempat, Sabtu. 

 "Ini luar biasa, pegawai kita sangat antusias," kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika setelah pelaksanaan lomba yang digelar di Gedung Wiswasabha Utama Pemprov Bali di Denpasar. 

 Menurut dia, Lomba Senam Kreasi Bali Santhi itu sangat positif dan sejalan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo. 

 "Jika pegawai lebih sehat, kinerja mereka kita harapkan akan meningkat. Selain bermanfaat bagi kesehatan para pegawai, kami berharap kegiatan ini mampu meningkatkan semangat kekeluargaan ASN di lingkungan Pemprov Bali," ujar Pastika. 

 Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ayu Pastika yang memprakarsai lomba senam tersebut mengatakan lomba dimaksudkan untuk memberi kesempatan bagi para pegawai untuk berolahraga dan `refreshing`. 

"Setelah berkutat dengan rutinitas dan tanggung jawab sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, kita ingin para pegawai juga meluangkan waktu untuk berolahraga dan refreshing. Dengan demikian kita harapkan mereka akan lebih bugar dalam melaksanakan tugas" ucapnya. 

 Ayu Pastika menambahkan, kegiatan ini sejalan pula dengan implementasi Germas dan juga program PKK. Istri orang nomor satu di Bali itu berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan. 

 Sementara itu, Kepala Bappeda Litbang Provinsi Bali I Putu Astawa selaku ketua panitia mengatakan lomba diikuti 45 tim. Tim tersebut dibagi dalam dua versi iringan lagu yaitu Selem-Selem Manis versi remix yang dipopulerkan Rocky N dan My Africa milik penyanyi Yopie Latul.

 "Ada 21 tim dengan iringan lagu Selem-Selem Manis dan 24 tim dengan iringan lagu My Africa," ujar Astawa. Menurut dia, selain memasyarakatkan olahraga, kegiatan yang diprakarsai Ayu Pastika ini bertujuan untuk meningkatkan semangat "menyamabraya" atau persaudaraan di kalangan ASN Pemprov Bali. 

 Lomba senam juga dimeriahkan penampilan peserta kehormatan Tim Penggerak PKK Provinsi Bali dan Gabungan Istri Anggota Wakil Rakyat (Gatriwara) Bali. Dengan iringan lagu Kenyem Manis yang dirilis ulang Ayu Pastika, Tim PKK Provinsi Bali tampil memukau. 

Sementara Gatriwara Bali yang dikomandoi langsung oleh Nyonya Adi Wiryatama tampil menghibur dengan Senam Despacito. Iringan lagu yang saat ini sangat populer tersebut menarik perhatian penonton yang memadati Gedung Wiswasabha Utama. 

 Setelah melalui proses penjurian yang cukup alot, Tim Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bali keluar sebagai Juara I, disusul Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Bappeda Litbang di posisi juara II dan III. 

Sementara Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali berhasil memperoleh Juara Harapan I. Pada hari yang sama digelar pula Lomba Makan Ikan yang diikuti pimpinan OPD di Lingkungan Pemprov Bali. Gubernur Pastika dan Sekda Cokorda Ngurah Pemayun turut memeriahkan lomba. 

 Ayu Pastika selaku Ketua Forum Gemar Makan Ikan (Forikan) Provinsi Bali mengapresiasi kegiatan ini sebagai bagian dari upaya mendorong peningkatan konsumsi ikan masyarakat. Juara I lomba ini diraih oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Ida Bagus Ngurah Arda, disusul Kepala BKD I Ketut Rochineng serta Kepala Biro Hukum dan HAM pada posisi juara II dan III. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017