Tabanan (Antara Bali) - Bupati Tabanan, Bali Ni Putu Eka Wiryastuti menilai, koperasi sebagai soko guru perekonomian mampu memberikan kontribusi yang besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya di daerah "gudang beras" Pulau Dewata itu.

"Wadah koperasi dalam usianya yang ke-70 sangat eksis dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati Eka Wiryastuti dalam sambutan tertulis dibacakan Sekda I Nyoman Wirna Ariwangsa pada HUT ke-70 Koperasi di Wantilan Taman Makam Pahlawan Taman Pujaan Bangsa Margarana, Kamis.

Ia mengatakan, melalui momentum peringatan HUT ke-70 diharapkan koperasi semakin tumbuh kuat sebagai gerakan ekonomi rakyat.

Peringatan kali ini mengusung tema "Koperasi Menuju Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat Yang Berkeadilan untuk Memperkokoh NKRI", yang mengandung tekad dan semangat agar koperasi semakin tumbuh kuat, mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat, mampu bersaing dan memberikan kontribusi positif pada era ekonomi global.

Dalam usia yang ke 70 ini banyak koperasi yang telah maju dan memberikan manfaat bagi anggota serta masyarakat sekitarnya.

"Koperasi-koperasi tersebut memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, dan pemerataan pendapatan sehingga kesenjangan ekonomi dapat dikurangi," ujar Bupati Eka.

Pihaknya menyadari masih banyak permasalahan yang dihadapi koperasi, seperti kesulitan permodalan dan organisasi lainnya. Namun itu merupakan tantangan yang harus dapat hadapi untuk menjadi lebih baik lagi.

"Semua itu merupakan tantangan yang harus kita hadapi untuk mewujudkan amanat UUD 1945 pasal 33 yang menyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama yang berdasar azas kekeluargan," kata Bupati Eka.

Kabupaten Tabanan, sebagai daerah "gudang beras" di Bali memiliki 502 buah koperasi.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan tersebut I Nyoman Natia mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung gerakan koperasi untuk terus maju.

"Mari kita bersama-sama dukung Koperasi untuk terus maju dan berkembang, dengan demikian akan dapat meningkatan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Pande Yudha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017